Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kenangan Insiden Mourinho Mencolok Mata Vilanova

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 24 Agustus 2012 | 00:42 WIB
Tito Vilanova, bersiap hadapi El Clasico perdana sebagai pelatih anyar Barcelona
David Ramos/Getty Images
Tito Vilanova, bersiap hadapi El Clasico perdana sebagai pelatih anyar Barcelona

Tito Vilanova, Pelatih Barcelona masih menjadi Asisten Pelatih, Josep 'Pep' Guardiola ketika terlibat perseteruan dengan Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho dalam laga Piala Super Spanyol tahun lalu.

Insiden itu terjadi di pinggir lapangan dalam duel yang akhirnya dimenangkan Barcelona 5- 4 pada 17 Agustus tahun lalu.

Dua belas bulan berlalu. Kini Tito Vilanova telah menggantikan tempat teman baiknya duduk di kursi panas pelatih Barcelona. Ia akan melanjutkan kembali "pertempuran" dengan musuh beratnya, Jose Mourinho di sebuah panggung yang terhormat.

Bukan lagi di pinggir lapangan, dan saling beradu fisik. Alih-alih, keduanya akan beradu otak dan strategi di lapangan hijau pada leg pertama Piala Super Spanyol Stadion Camp Nou pada Jumat (24/8/2012) dini hari.

Duel Mou kontra Tito setahun lalu memang dramatis. Perkelahian massal antarpemain kedua kesebelasan membuat wasit mengeluarkan tiga kartu merah. Pada laga yang berakhir rusuh itu, Mourinho tertangkap kamera mencolok mata Vilanova. Tidak terima, Vilanova membalas dengan mendorong Mourinho.

Buntut dari kejadian itu keduanya dijatuhi sanksi oleh Federasi Sepakbola Spanyol. Akan tetapi, belakangan sanksi tersebut dicabut.

Mourinho mengaku bersalah atas tindakannya kepada Vilanova dan kini persoalan itu sudah dilupakan serta hubungan kedua pelatih sudah membaik. "Saya seharusnya tidak melakukan itu, saya seperti tidak sadar telah melakukan itu. Namun, semua hanya kisah masa lalu dimana aku sedang kehilangan kontrol," katanya.

Mourinho juga menganggap dirinya bersalah karena gagal untuk mengontrol emosi para pemainnya. "Tragedi itu membuat saya banyak belajar, para pemain hanya fokus pada tiap laga yang mereka mainkan dan harus mengontrol emosi. Beruntung hubungan saya dan Vilanova baik-baik saja. Mudah-mudahan hal tersebut tidak lagi terjadi di kemudian hari," tuturnya.

Boleh saja Mou mengklaim hubungan mereka sudah membaik. Namun atmosfer pertemuan Madrid kontra Barca selalu dipastikan membara. Saat kedua tim raksasa itu bertemu pada laga Supercopa, Madrid berhasil menang pada empat dari lima laga, meski Barca masih jadi pengoleksi gelar terbanyak dengan 10 gelar sedangkan Madrid hanya delapan gelar.

Namun, pasukan Jose Mourinho memulai laga di La Liga musim ini dengan hasil tak terlalu meyakinkan. Los Blancos hanya bisa merebut satu poin setelah ditahan imbang Valencia 1-1, akhir pekan lalu.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X