Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Jajaki Kerja Sama dengan Polandia

By Frengky Aruan - Kamis, 30 Agustus 2012 | 14:55 WIB
Djohar Arifin Husin
Bolanews
Djohar Arifin Husin

PSSI kembali berencana menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola negara lain. Setelah sebelumnya Aljazair, kini PSSI tengah dalam upaya menjajaki kemungkinan bekerja sama dengan federasi sepak bola Polandia.

Kemungkinan itu sendiri terjadi setelah Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Grzegorz Wisniewski, bertemu dengan pengurus PSSI di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/8). Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Ketua Umum PSSI mengatakan hubungan yang akan dijalin dalam cangkupan sepak bola.

"Setelah kami diundang untuk menyaksikan Piala Eropa di Polandia, hubungan tak berhenti sampai di situ. Ada hal-hal positif lainnya yang akan dilakukan," kata Djohar saat jumpa pers di Kantor PSSI.

Menurut Djohar, hal-hal itu meliputi pelatihan bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan sepak bola. Di antaranya pelatihan terhadap wasit serta pelatihan bagi pemain timnas.

"Polandia bersedia menyediakan instruktur. Kami tahu mereka merupakan salah satu negara dengan tim sepak bola yang bagus di Eropa, kami juga tahu kelas mereka seperti apa. Jadi, kami akan coba memanfaatkannya," terang Djohar.

Selain itu, Djohar menyatakan ada pula kemungkinan untuk melakukan uji coba antar Indonesia dan Polandia. Namun untuk itu, Djohar mengatakan pihaknya perlu mengadakan penjajakan lebih lanjut.

Sementara itu, dengan adanya kemungkinan penjajakan kerja sama antara PSSI dan federasi sepak bola Polandia, Grzegorz Wisniewski berharap akan membawa dampak positif kepada sepak bola Indonesia.

"Indonesia punya populasi yang besar, dengan pemuda yang begitu banyak. Saya percaya Indonesia bisa menggelar turnamen besar dan punya timnas yang bagus ke depannya."

Pada Februari 2012, PSSI sendiri sempat memiliki rencana untuk menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Aljazair (FAF). Rencana itu muncul berdasarkan ide dari Duta Besar Indonesia di Aljazair, Ahmad Ni'am Salim.

Akan tetapi penjajakan yang meliputi ruji coba, coaching clinic untuk pelatih dan pemain serta pengiriman pemain muda untuk berlatih di Aljazair, tak lagi terdengar gaungnya.

Padahal saat itu Ahmad Ni'am Salim mengatakan bahwa FAF berhasrat besar untuk menjalin kerja sama dengan PSSI. Ini karena Aljazair dan Indonesia memiliki hubungan historis yang baik.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X