Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dewan Kota Sheffield Minta Maaf Kepada Liverpool

By Randy Wirawan - Rabu, 12 September 2012 | 23:54 WIB
Tragedi Hillsborough
David Cannon/Getty Images
Tragedi Hillsborough

Setelah mantan editor The Sun, Kelvin MacKenzie, permintaan maaf kepada warga Liverpool korban tragedi Hillsborough juga dilontarkan Dewan Kota Sheffield, pada Rabu (12/9). Mereka mengaku bersalah dalam hal pemberian izin untuk menggelar pertandingan di Stadion Hillsborough yang sebenarnya kurang layak.

Hasil investigasi terbaru mengungkap fakta bahwa stadion Hillsborough yang menjadi markas tim Sheffield Wednesday gagal memenuhi standar minimal keselamatan yang tercantum dalam Safety of Sports Ground Act 1975. Selain polisi, salah satu pihak yang bertanggung jawab terkait keselamatan sebuah pertandingan olah raga adalah Dewan Kota.

Dewan Kota terbukti hanya ingin menekan pengeluaran tanpa memedulikan keselamatan penonton. Kepala Eksekutif Dewan Kota, John Mothersole, menyatakan pihak terkait mengakui semua kesalahan dan meminta maaf yang setulus-tulusnya kepada kelurga korban.

"Peran kami terkait tragedi Hillsborough mendapat kritikan tajam dari semua pihak. Untuk itu kami meminta maaf. Kami juga selalu bersama dengan keluarga dan teman yang kehilangan nyawa akibat tragedi tersebut," kata Mothersole seperti dikutip dari Independent.

Laporan investigasi juga menyebut bahwa Dewan Kota Sheffield memberi izin pertandingan kepada Sheffield Wednesday setelah polisi menyatakan stadion layak menggelar pertandingan. Bahkan laporan yang diterima Dewan Kota dari polisi adalah sangat layak.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X