Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Start Buruk di La Liga, Akankah Madrid Juara LC

By Randy Wirawan - Senin, 17 September 2012 | 15:24 WIB
Jose Mourinho
Denis Doyle/Getty Images
Jose Mourinho

Sudah cukup lama Real Madrid tidak mengalami start buruk di kancah Liga Spanyol. Dari empat laga pertama musim ini, Los Blancos baru meraih satu kemenangan, dan dua kali menderita kekalahan. Terakhir kali Madrid merasakan nasib seperti itu adalah pada 2001/02.

Menariknya ketika harus menderita dua kekalahan dalam tiga laga pembuka pada 11 tahun silam, Real Madrid justru mampu mengakhiri musim dengan gelar juara Liga Champions. Ketika itu skuat asuhan Vicente Del Bosque dibekuk Valencia (0-1) dan Real Betis (1-3) pada laga tandang, dan seri 1-1 dengan Malaga serta mengalahkan Espanyol (5-1) di Santiago bernabeu.

Kondisi itu cukup mirip dengan yang dialami pada musim ini. Pada jornada 1, Madrid ditahan 1-1 saat menjamu Valencia. Disusul kekalahan 1-2 kala bertandang ke markas Getafe. Pada jornada 3, Los Blancos berhasil menang 3-0 saat menjamu Granada, namun kembali terpuruk kala takluk 0-1 di markas Sevilla.

Fakta yang cocok lainnya adalah, saat memulai musim dengan buruk itu, status Madrid adalah juara bertahan Liga Spanyol. Namun pada 2001/02, Madrid memang akhirnya gagal mempertahankan mahkota Liga Spanyol. Ketika itu trofi juara berhasil direbut Valencia. Namun Zinedine Zidane cs berhasil merengkuh gelar ke-9 Liga Champion usai menaklukkan Bayer Leverkusen di Glasgow.

Apakah sejarah 2001/02 bakal terulang kembali musim ini? Masih perlu pembuktian bagi skuad Jose Mourinho untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Pada Selasa (18/9/2012) mereka akan memulai petualangan di arena Liga Champions dengan menjamu Manchester City.

Laporan: Tribunnews/Dodi Esvandi




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X