Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

United-Liverpool Berdamai Demi Korban Hillsborough

By Randy Wirawan - Rabu, 19 September 2012 | 13:18 WIB
Liverpool versus Manchester United.
Getty Images
Liverpool versus Manchester United.

Manchester United dan Liverpool akan menggelar sebuah acara seremonial saat mereka bersua dalam pertandingan lanjutan Premier League, Minggu (23/9). Ini merupakan bentuk penghormatan bagi korban tragedi Hillsborough yang terjadi pada 15 April 1989.

Dalam laga yang bertempat di Anfield itu, kapten dari United (Nemanja Vidic) dan Liverpool (Steven Gerrard) nantinya akan membawa 96 balon berwarna merah ke lapangan. Kemudian balon-balon tersebut dilepas secara bersama-sama.

Angka 96 merupakan jumlah fan yang tewas dalam tragedi Hillsborough. Sedangkan warna merah merupakan warna kebangsaan Liverpool.

"Kami sangat mendukung Liverpool saat ini. Saya mengerti perasaan keluarga suporter mereka saat melihat laporan di koran mengenai insiden Hillsborough," kata manajer Setan Merah, Sir Alex Ferguson, seperti dilansir The Sun.

"Pertandingan hari Minggu nanti akans angat emosional. Yang pasti, kami akan mendukung Liverpool sebisa mungkin," imbuhnya.

Duapuluhtiga tahun setelah tragedi Hillsborough terjadi, kebenaran akhirnya terungkap. Laporan terbaru membeberkan bahwa Kepolisian South Yorkshire telah memberikan informasi salah kepada politisi Inggris, Irvine Patnick, yang menjadi narasumber tabloid The Sun dalam tulisan bertajuk "The Truth".

Artikel tersebut berisi tuduhan terhadap fan The Reds sebelum, selama, dan setelah pertandingan semifinal Piala FA antara Liverpool dan Notthingham Forest pada 23 tahun silam. Polisi menilai suporter Liverpool mabuk dan menjadi biang keladi atas musibah di Hillsborough.


Editor : Ade Jayadireja


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X