Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menurut Pakar Ekonomi La Liga Sedang Sekarat

By Adil Pradipta - Jumat, 21 September 2012 | 21:28 WIB
Barcelonista harus bangga dengan perkembangan finansial Barcelona.
David Ramos/Getty Images
Barcelonista harus bangga dengan perkembangan finansial Barcelona.

Ekonom Jose Maria Gay percaya bahwa kemajuan La Liga jalan di tempat, sama halnya dengan Liga Premier Inggris. Mereka bahkan menyebut La Liga sedang sekarat. Bundesliga dan Ligue 1 menjadi contoh liga yang harus ditiru, karena mengalami kemajuan pesat.

Jose Maria Gay menyatakan prihatin dengan kondisi sepak bola Spanyol. Hal tersebut diungkap Jose Maria Gay dalam sebuah laporan keuangan mengenai perkembangan finansial di lima liga top Eropa. 

"La Liga tidak mengalami kemajuan. Hanya Barcelona dan Real Madrid yang mengalami pertumbuhan finansial menjanjikan. Sedangkan klub-klub lain masih sama seperti lima tahun yang lalu," kata Jose Maria Gay.

"Jika kalian bertanya kepada saya, sepak bola Spanyol sedang sekarat. Mereka berada lima tahun di belakang lima besar liga top Eropa lainnya,'' sambungya.

Jose Maria Gay menegaskan, bahwa Liga Inggris juga tidak mempunyai masa depan keuangan yang baik. Sedangkan Jerman dan Prancis adalah contoh yang harus diikuti.

"Model Liga Premier bangkrut dari sudut pandang keuangan. Hal ini didasarkan pada kepemilikan klub dan kerugian yang ditanggung perusahaan induk. Sepak bola adalah cerminan sejati dari perekonomian suatu negara. Prancis dan Jerman adalah yang terdepan saat ini," tegasnya.



Editor : Jaka Sutisna


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X