Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kurang Modal, Valencia Tetap Bangun Stadion Baru

By Randy Wirawan - Sabtu, 22 September 2012 | 04:02 WIB
David Villa, Terpaksa Dijual Valencia Demi Mengurangi Beban Finansial Klub
David Ramos/Getty Images
David Villa, Terpaksa Dijual Valencia Demi Mengurangi Beban Finansial Klub

Presiden Valencia, Manuel Llorente, coba menenangkan para suporter terkait keuangan klub setelah sempat muncul masalah pembiayaan dalam rencana pembangunan stadion baru. Meski demikian, Llorente masih menolak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi keuangan Los Che.

Valencia terpaksa menghentikan pembangunan stadion "Nueva Mestalla" untuk sementara pada 2008 akibat dilanda krisis finansial. Namun, proyek tersebut kembali berjalan setelah Los Che mendapat pinjaman dari salah satu bank Spanyol, Bankia, pada akhir tahun lalu.

"Masalah dalam pembangunan stadion baru tidak berimbas kepada fondasi klub. Klub telah bekerja sama dengan Bankia untuk mencari jalan keluar agar pembangunan stadion terus berlanjut hingga selesai," kata Llorente kepada Reuters.

Valencia merupakan salah satu dari sekian banyak klub Spanyol yang mengalami kesulitan keuangan dalam beberapa tahun terakhir, namun tetap kompetitif di lapangan hijau. Utang Los Che sempat menembus angka 500 juta euro atau sekitar 6,1 triliun rupiah sebelum mendapat dana talangan dari pemerintah daerah sebesar 74 juta euro (916 miliar rupiah) pada Agustus 2009.

Los Che bahkan harus menjual aset terbaik mereka, seperti David Villa dan Jordi Alba (ke Barcelona), David Silva (ke Manchester City), dan Juan Mata (ke Chelsea). Langkah tersebut terpaksa diambil demi menambah pemasukan untuk membayar gaji pemain.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X