Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Del Bosque, Warga Catalan Harus Bersatu

By Adil Pradipta - Rabu, 26 September 2012 | 08:55 WIB
Vicente Del Bosque
Vano Shlamov/Getty Images
Vicente Del Bosque

Pelatih Sapnyol, Vicente Del Bosque, menyatakan bahwa warga Catalan harus diperbolehkan untuk mengekspresikan diri mereka di dalam sepak bola. Walau begitu, Vicente Del Bosque juga meminta mereka untuk menjalin hubungan baik antar daerah di Spanyol.

Kota Catalan adalah sarangnya sepak bola kelas utama di Spanyol. Di sana terdapat Barcelona yang menguasai La Liga dan juga berprestasi di kancah Eropa. Dengan posisinya di dunia sepak bola Spanyol, Vicente Del Bosque meminta warga Catalan untuk ambil bagian dalam pengembangan La Roja.

Pada beberapa bulan terakhir terjadi demonstrasi besar di Catalan yang meminta adanya otonomi daerah secara keseluruhan. Sekitar 1,5 juta orang turun ke jalan meminta untuk di merdekakan oleh pemerintah Spanyol. Untuk itu, Vicente Del Bosque ikut berkomentar dalam kapasitasnya sebagai pelatih sepak bola Spanyol.

"Warga Catalan telah mengekspresikan kebebasan dan kedamaian hidup mereka tanpa adanya agresi. Dengan kejadian itu, kita harus toleran dan mencoba untuk mengerti meereka. Saya berbicara sebagai pelatih sepak bola. Mungkin sedikit naif tetapi jika kita dapat memabantu masalah ini menjadi lebih baik dengan sepak bola, saya pasti akan merasa senang," kata Vicente Del Bosque.

"Jika kita dapat bersatu lagi, rasanya seperti ketika saya memenangi Piala Dunia," tambahnya.

Vicente Del Bosque juga ikut beromentar menegenai mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola. Baru-baru ini, pelatih muda itu sempat megutarakan keinginannya untuk melatih tim La Roja kelak.

"Saya rasa dia memiliki kualitas dan itu sangat penting. Pep akan menjadi orang yang memiliki komitmen untuk sepak bola Spanyol."




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X