Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kemenangan Besar Indonesia Tak Dicatat FIFA

By Frengky Aruan - Kamis, 27 September 2012 | 21:51 WIB
Nilmaizar memberi instruksi ke anak asuhnya.
Bolanews
Nilmaizar memberi instruksi ke anak asuhnya.

0 yang diraih Indonesia atas Brunei Darussalam di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Rabu (26/9), sepertinya tak akan berpengaruh terhadap perhitungan poin Indonesia di klasemen FIFA. Dalam situs resminya, FIFA tak mencatat kemenangan Indonesia.

FIFA hanya mencatat bahwa Indonesia sudah melaksanakan empat pertandingan sejak Februari 2012. Keempat pertandingan itu melawan Bahrain (0-10) dalam babak kulifikasi Piala Dunia 2014, kemudian Filipina (2-2), Korea Utara (0-2), dan Vietnam (0-0) dalam laga persahabatan. Ini tentu berbeda karena pada Rabu (27/9), FIFA sempat mencatat laga Indonesia melawan Brunei meski tanpa disertai hasil.

Hingga saat ini belum diketahui secara resmi mengenai penyebab tak dimasukkannya hasil Indonesia melawan Brunei dalam situs FIFA. Namun menurut laporan di Brunei, FIFA disebut tak menerima pertandingan Indonesia melawan Brunei sebagai pertandingan resmi 'A' FIFA karena tidak semua ofisial pertandingan bersertifikat FIFA.

Hal ini tentu mengejutkan. Jelang pertandingan antara Indonesia melawan Brunei, panitia sudah berusaha agar kejadian yang dialami Filipina di dua pertandingan persahabatannya, tak terulang. Seperti yang dilansir The Brunei Times, Rabu (26/9), panitia sebelumnya telah memastikan bahwa laga akan dipimpin wasit netral asal Malaysia yang bersertifikat FIFA, Mohd Yussof Mat Karim. Selain itu, kedua tim sudah sepakat untuk melakukan pergantian sebanyak enam kali.

Dalam dua laga Filipina sebelumnya, FIFA sendiri akhirnya menghapus sebagai pertandingan resmi FIFA 'A'. Penyebabnya, saat melawan Laos pada 10 September, Filipina-Laos tak memakai wasit resmi FIFA. Adapun ketika berhadapan dengan Kamboja pada 5 September, Kamboja melakukan tujuh pergantian.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X