Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Empat Gol Juventus Permalukan Skuad Zdenek Zeman

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 30 September 2012 | 03:57 WIB
Para Pemain Juventus Rayakan Kemenangan Atas AS Roma
Getty Images
Para Pemain Juventus Rayakan Kemenangan Atas AS Roma

1. Bahkan tiga gol Juve dihasilkan di 20 menit babak pertama.

Peluit babak pertama dibunyikan, Juventus langsung menekan pertahanan AS Roma. Di 20 Menit babak pertama, Juventus dapat membobol gawang Maarten Stekelenburg, kiper AS Roma, tiga kali.

Gol pertama dicetak oleh gelandang Andrea Pirlo melalui tendangan bebas di menit ke-11. Tendangan bebas ini lahir dari keputusan kontroversial wasit. Taddei saat itu tidak merasa menjatuhkan gelandang Juve, Claudio Marchisio. Malah Taddei diganjar kartu kuning dan Juve dihadiahi free kick. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Gol kedua Juventus juga tercipta setelah bek Castan dianggap hand ball di dalam kotak penalti. Alhasil Arturo Vidal yang dipercaya mengambil penalti, berhasil mengelabui kiper Stekelenburg dan memperbesar hasil menjadi 2-0 di menit ke-16.

Mental para pemain AS Roma semakin turun, dan keadaan ini yang dimanfaatkan oleh pasukan Antonio Conte. Alessandro Matri, yang mengambil umpan dari Vidal, lolos dari perangkap offside, dan kemudian menceploskan bola ke gawang Roma di menit ke-19. Gol tersebut menambah pundi gol Juve, skor telak 3-0.

Peran Francesco Totti tidak terlihat di babak pertama. Namun AS Roma memiliki beberapa kesempatan untuk cetak gol, yaitu ketika tandukan Erik Lamela ke arah gawang dapat ditangkap dengan mudah oleh Gianluigi BUffon. Kedudukan sementara 3-0 hingga babak pertama usai.

Babak kedua dimulai, Juventus mengurangi tekanan serangan dan lebih banyak bertahan. Justru AS Roma yang lebih banyak menguasai bola. Situasi ini akhirnya berbuah manis, Roma mendapatkan hadiah penalti setelah Leonardo Bonucci menjatuhkan Mattia Destro di dalam kotak penalti. Pablo Osvaldo, sang eksekutor, berhasil menghantarkan bola masuk ke gawang menit ke-69.

Pertahanan Roma juga beberapa kali merasakan serangan dari kubu Juve, tetapi kiper Stekelenburg bermain cemerlang dengan beberapa kali mementahkan bola. Terhitung dua kali tendangan Vucinic ke arah gawang berhasil ditepis kiper Roma tersebut. Roma juga memiliki beberapa kesempatan tetapi Osvaldo belum beruntung dan kurang akurat mengarahkan bola agar menghasilkan gol.

Gempuran Roma yang bertubi-tubi juga terus menerus dihalau oleh barisan pertahanan Juventus. Situasi tersebut membuat pertahanan Roma menjadi kendor, dan Andrea Barzagli yang melewati satu pemain memberikan umpan kepada Sebastian Giovinco. Giovinco berhasil cetak gol ke-4 Juventus di menit terakhir. Skor akhir 4-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan Pemain:


Editor : Okie Prabhowo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X