Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Foto Neymar Dianggap Menghina Umat Kristen

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 30 September 2012 | 10:29 WIB
Majalah Placar dengan sampul kontroversial Neymar.
Majalah Placar dengan sampul kontroversial Neymar.

Placar, salah satu majalah olah raga yang sukses di Brasil sejak 1970, kali ini menuai kritik pedas dari National Conference of Bishops of Brazil (CNBB) atau Persatuan Uskup Nasional Brasil. CNBB mengecam keras foto bintang sepak bola Brasil, Neymar Santos, yang sedang disalib untuk cover majalah edisi bulan Oktober.

Pose Neymar tersebut dianggap telah menodai agama Kristen, di mana gambar Yesus Kristus disamakan dengan wajah seorang pemain sepak bola. Presiden CNBB Cardinal Raymundo Damasceno Assis, dan Sekretaris Jenderal Dom Leonardo Ulrich Steiner, telah menadatangani sebuah pernyataan yang menunjukkan kemarahan mereka terhadap aksi tesebut.

Pernyataan itu dituangkan di situs resmi CNBB, yang berbunyi: "Persatuan Uskup Nasional Brasil menyatakan merasa sangat marah terhadap foto yang terpampang dalam halaman depan sebuah majalah olah raga, di mana gambar Yesus Kristus disamakan dengan wajah seorang pemain sepak bola."

Pihak majalah Placar menjelaskan bahwa foto Neymar tersebut tidak bermaksud menghina umat kristen. Mereka tidak sadar bahwa tindakan mereka akan memunculkan provokasi atau membuat isu SARA.

Saat ini petisi online sudah diluncurkan untuk melawan penggunaan cover tersebut untuk edisi Oktober 2012, dan sudah sekitar 7.000 orang menentang penggunaan gambar yang dianggap menghina tersebut.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X