Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raih Onze d'Or, Messi Singkirkan CR7 dan Falcao

By Yudhi F. Oktaviadhi - Minggu, 30 September 2012 | 12:25 WIB
Lionel Messi
David Ramos/Getty Images
Lionel Messi

Superstar Barcelona Lionel Messi terus kebanjiran penghargaan. Gagal meraih penghargaan pemain terbaik Eropa, Messi saat ini mendapatkan penghargaan pemain terbaik Eropa versi lainnya.

Messi mendapat predikat sebagai pemain terbaik Eropa Onze d'Or versi majalah Perancis, Onze Mondial. Ia mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Radamel Falcao. Messi mendapatkan 47,45 persen suara, Ronaldo terbanyak kedua dengan 27.95%.

Sementar Falcao, yang tampil gemilang bersama Atletico Madrid, mendapatkan 6,1% saja, tapi berada di urutan ketiga. Beberapa nama lain yang masuk daftar adalah Mesut Oezil dan Xavi Hernandez, yang sama-sama mendapatkan 1,38% suara.

Selain itu bintang asal Perancis sendiri Karim Benzema hanya memperoleh 2,24% suara. Bagi Messi penghargaan ini sebenarnya bukan yang pertama kali didapatkannya.

Dia telah mendapatkan penghargaan serupa dua tahun sebelumnya dan ini adalah untuk ketiga kalinya berturut-turut alias hat-trick. Messi memenanginya di tahun 2010 dan 2011.

Penghargaan Onze d'Or yang dilakukan Onze Mondial sudah dilakukan sejak tahun 1976, melibatkan para pembaca majalah tersebut. Dengan meraih tiga penghargaan pemain terbaik Eropa, Messi ini pantas disejajarakn dengan Michel Platini dan Zinedine Zidane. Sebab hanya dua tokoh sepakbola asal Perancis itu yang pernah mendapatkannya sebanyak tiga kali.

Platini memenangi secara beruntun pada tahun 1983, 1984, dan 1985. Sedang Zidane pernah meraih penghargaan ini tiga kali, namun tidak berurutan, yaitu pada tahun 1998, 2000, dan 2001.

Gelar hat-trick Onze d'Or semakin membuktikan kehebatan seorang Messi. Pelatih Timnas Argentina Alejandro Sabella menyebut Pemain Terbaik Dunia tiga kali itu memang pemain brilian.

"Lionel Messi tengah bahagia. Dia sedang dalam puncak permainan dan itu ditunjukannya di lapangan. Ketika dia berada dalam performa seperti ini dan juga merasa senang, dia bisa memberi kami lebih banyak momen kegembiraan," kata Sabella kepada Marca.

Setelah mendapatkan penghargaan itu, kini Messi dan Ronaldo diprediksi kembali bersaing ketat dalam bursa pemain terbaik dunia 2012 walaupun Andres Iniesta, Xavi Hernandez dan Iker Casillas juga disebut-sebut pantas memenanginya.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X