Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

El Clasico Dalam Angka

By Andi Yanianto - Kamis, 4 Oktober 2012 | 18:58 WIB
El Clasico, banyak mencatatkan sejarah
Alex Livesey/Getty Images
El Clasico, banyak mencatatkan sejarah

1. Beberapa rekor, seperti: head-to-head, pencetak gol terbanyak, dan skor kemenangan terbesar masih dikuasai oleh Real Madrid.

Pada seluruh kompetisi resmi, keduanya sudah bertemu sebanyak 221 kali. Di mana Barcelona memenangkan 87 pertandingan, Real Madrid 88, dan 46 pertandingan berakhir imbang. Dari jumlah gol yang diciptakan, Real Madrid memimpin dengan 367 gol, dan Barcelona baru mampu mencetak 359 gol.

Untuk kompetisi Liga Spanyol, mereka telah berjumpa di 165 pertandingan. Real Madrid masih unggul tipis atas Barcelona untuk urusan jumlah kemenangan dan total gol yang diciptakan. Madrid mampu meraih 69 kemenangan dengan jumlah gol 267, sedangkan Barcelona sudah memenangkan pertandingan sebanyak 65 kali dengan jumlah gol 263. Sisanya, sebanyak 31 pertandingan berakhir seri.

Sementara itu di kejuaraan Eropa, kedua tim baru bersua sebanyak delapan kali. Madrid pun masih unggul tipis atas rivalnya, dengan meraih tiga kemenangan dan mencetak 13 gol. Sedangkan Barcelona mampu memenangkan dua pertandingan dan mampu membuat 10 gol. Tiga pertandingan berakhir imbang untuk kedua tim.

Skor kemenangan terbesar juga masih dimiliki oleh Real Madrid, walaupun pada pertemuan di La Liga 2010/2011 Madrid dihajar Barcelona 5-0. Skor kemenangan besar terjadi pada tangal 13 Juni 1943 dengan skor 11-1 untuk keunggulan Real Madrid. Pada pertandingan ini, salah satu pemain Real Madrid, Barinaga, mampu mencetak empat gol.

Berbicara pemain yang paling subur di El Clasico, ternyata rekor ini masih dipegang oleh legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano, dengan total gol 18. Diikuti oleh Lionel Messi dan Raul, dengan jumlah gol 15. Sedangkan Cristiano Ronaldo baru mampu mencetak 8 gol, dan menempati posisi 12. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berpeluang menambah jumlah gol nya di pertandingan El Clasico Senin (8/10) dinihari nanti.

Head-To-Head Barcelona vs Real Madrid

Piala Super Spanyol - Real Madrid 2 vs Barcelona 1
Piala Super Spanyol - Barcelona 3 vs Real Madrid 2
Liga Spanyol - Barcelona 1 vs Real Madrid 2
Copa del Rey - Barcelona 2 vs Real Madrid 2
Copa del Rey - Real Madrid 1 vs Barcelona 2


Editor : Syamsul Arif


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X