Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

McManaman, El Clasico Rivalitas Dua Ideologi

By Suryo Wahono - Jumat, 5 Oktober 2012 | 23:29 WIB
Pedro Rodriguez dan Alvaro Arbeloa mewakili dua ideologi berbeda.
Ilustrasi
Pedro Rodriguez dan Alvaro Arbeloa mewakili dua ideologi berbeda.

Steve McManaman yakin laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona adalah pertandingan terbesar dalam sepak bola. Pemain yang pernah memperkuat Madrid selama empat tahun itu mengatakan tidak ada persaingan sepanas dua tim tersebut.

"Ketika Anda bermain di Camp Nou, persaingan mereka itu melibatkan sentimen kedaerahan dan beraroma politik antara Catalan yang melawan pemerintahan Spanyol diwakili Madrid. Mereka saling tidak menyukai," kata McManaman.

"Itu merupakan rivalitas yang sangat keras, yang telah berlangsung berabad-abad lamanya," tambah McManaman.

"Ada banyak persaingan antara Liverpool dengan Manchester United, dan Liverpool dengan Everton, tapi persaingan tim Spanyol berbeda karena melibatkan sejarah buruk warga Catalan dengan Castilian (Madrid)," tandasnya.

Catalan merupakan kota asal Barcelona dan sejarahnya mereka ingin merdeka dari jajahan kerajaan Castilian Spanyol, Madrid. Kedua kubu ini saling tidak menyukai dan mempunyai ideologi berbeda.


Editor : Jaka Sutisna
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X