Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dennis Aogo Absen Tiga Pekan Akibat Depresi

By Randy Wirawan - Rabu, 10 Oktober 2012 | 23:44 WIB
Dennis Aogo
Getty Images
Dennis Aogo

Pernyataan mengejutkan dilontarkan bek tim nasional Jerman, Dennis Aogo. Pemain Hamburg itu mengaku absen selama tiga pekan di Bundesliga musim ini akibat mengalami depresi.

Setelah menjalani laga ke-10 bersama tim nasional Jerman pada Februari, Dennis Aogo masih sempat bermain di dua laga awal Bundesliga musim ini untuk Hamburg. Namun, setelah itu bek berusia 25 tahun itu terpaksa dikirim ke Innsbruck, Austria, untuk menjalani perawatan mental.

"Setelah menjalani latihan pra-musim, saya merasa sulit untuk bangkit. Pada awalnya, saya berpikir hanya jenuh dengan sepak bola. Namun, akhirnya saya justru merasa tidak mampu bermain lagi," kata Aogo kepada Bild.

"Ketika badan sudah tidak mendukung, maka masalah akan pindah ke kepala. Saya merasa sangat depresi dan bahkan tidak mengenali diri sendiri," lanjut Aogo.

Depresi yang melanda pesepak bola profesional memang menjadi perhatian serius di Jerman setelah kematian mantan kiper Tim Panser, Robert Enke, pada November 2009. Belakangan diketahui bahwa Enke mengalami depresi selama bertahun-tahun dan memutuskan untuk bunuh diri.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X