Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Villa Llona, Tidak Ada Rasisme di Spanyol

By Windu Puspa Ningtyas - Kamis, 11 Oktober 2012 | 10:11 WIB
Tim Barcelona yang berisi pemain dari berbagai ras
Jasper Juinen/Getty Images
Tim Barcelona yang berisi pemain dari berbagai ras

Rasisme di dunia sepak bola internasional bukanlah hal yang baru. Klub Inggris dan Spanyol kerap kali menghadapi masalah rasis, terakhir adalah kasus John Terry dengan Anton Ferdinand. Kancah sepak bola La Liga pun tak bisa dikatakan bersih dari kasus rasis tetapi presiden federasi sepak bola Spanyol, mengklaim La Liga paling bersih dari praktek rasisme.

UEFA sempat memberi denda sebesar 20.000 euro atau sekitar 247 miliar rupiah pada federasi sepak bola Spanyol akibat perilaku rasis fan La Roja terhadap striker Italia, Mario Balotelli di Euro 2012. Tahun lalu, pemain Barcelona, Dani Alves, juga pernah terlibat kasus rasis pada sebuah pertandingan. Sementara Samuel Eto'o adalah contoh paling gamang akan adanya rasisme di sepak bola Spanyol.

Namun, menurut Angel Villa Llona yang merupakan presiden federasi sepak bola Spanyol, mengatakan rasisme dalam sepak bola bukanlah suatu masalah. Jika dibandingkan dengan Premier League, Villa Llona menganggap Spanyol bersih dari rasisme.

"Tidak ada rasisme di Spanyol," tegas sang presiden.

Sang Presiden seperti menutup mata dengan apa yang terjadi di sepak bola Spanyol. Masih teringat ketika Thierry Henry mendapat cibiran dari mantan pelatih Spanyol, Luis Aragones. Namun, Villa Llona mengatakan itu bukanlah cerminan sepak bola Spanyol.

Sementara Dani Alves sempat mengatakan bahwa dia belajar untuk hidup dengan pelecehan rasis di sekelilingnya.

"Klub dan Liga selalu berusaha untuk menghentikan masalah ini. Selalu ada usaha untuk menghukum klub yang melakukan pelanggaran tetapi itu semua di luar kendali. Rasisme tidak akan pernah hilang," kata pemain asal Brasil.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X