Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala Dunia 2022 Sebaiknya Digelar Musim Dingin

By Randy Wirawan - Jumat, 12 Oktober 2012 | 00:38 WIB
Ronald de Boer
Tom Shaw/Getty Images
Ronald de Boer

Mantan gelandang tim nasional Belanda, Ronald de Boer, mendukung ide presiden UEFA, Michel Platini, yang meminta putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar digelar pada musim dingin. Meski demikian, De Boer menegaskan akan menyerahkan semua keputusan kepada yang pihak berwenang.

Putaran final Piala Dunia sejatinya digelar pada musim panas. Namun, banyak pihak yang mengkhawatirkan kondisi kesehatan para pemain mengingat cuaca di Qatar pada Juni dan Juli mencapai 40 derajat celcius!

Platini kemudian mengusulkan agar putaran final Piala Dunia 2022 digelar pada musim dingin. Usulan tersebut ternyata mendapat dukungan dari Ronald de Boer yang kini bekerja sebagai penasehat untuk Asosiasi Sepak Bola Qatar.

"Tentu saja putaran final Piala Dunia digelar pada musim panas. Namun, jika banyak pihak yang menentang maka kita harus mencari pilihan lain. Sejak awal saya selalu menyatakan, mengapa tidak dicoba pada musim dingin?" kata De Boer kepada Associated Press.

Platini telah menyatakan akan menyiapkan agenda khusus jika Piala Dunia Qatar jadi digelar pada musim dingin. Pria asal Prancis itu menyebut UEFA siap mengatur ulang jadwal kompetisi Eropa demi memuluskan usulan tersebut.

"Saya rasa sangat bagus ketika Platini mengelurkan pendapat dan mencoba memberi solusi. Ini baru langkah awal, namun semua keputusan bukan berada di tangan saya," pungkas De Boer.

Qatar sukses memenangi persaingan atas Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia 2022. Qatar enjadi negara terkecil yang akan menjadi tuan rumah pesta sepak bola terakbar di dunia itu.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X