Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Man. United dan City Nyaris Merger pada 1960-an

By Oka Akhsan M. - Jumat, 12 Oktober 2012 | 22:51 WIB
Stadion Maine Road, pernah digunakan bersama oleh United dan City
Alex Livesey/Getty Images
Stadion Maine Road, pernah digunakan bersama oleh United dan City

an.

Gary James menyatakan ide penggabungan dua klub asal Manchester itu dilontarkan oleh Chairman The Citizens, Frank Johnson, pada 1964. Saat itu, kedua rival sekota tersebut masih berhubungan baik dan City sedang mengalami masa-masa kelam.

City bahkan meminjamkan Stadion Main Road sebagai markas sementara United kala Old Trafford sedang direnovasi setelah mengalami kerusakan selama Perang Dunia Dua. Namun, setelah Setan Merah mampu bersaing memperebutkan titel liga usai tragedi Muenchen 1958, maka opsi penggabungan tersebut dibatalkan.

"Saya diberitahu oleh Albert Alexander, anak chairman United saat itu, Eric, bahwa chairman City, Frank Johnson, mengusulkan ide penggabungan kedua tim. City saat itu sedang terpuruk, dari prestasi di lapangan hingga merembet ke moral tim secara keseluruhan, termasuk menurunnya dukungan suporter," kata James kepada Daily Mail.

"Johnson juga mengusulkan agar Liga Inggris di bagi menjadi dua wilayah, yaitu utara dan selatan. Namun, Usulan tersebut dimentahkan kedua belah pihak sebelum diumumkan ke publik," pungkas James.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X