Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Tunggal Yasuyuki Konno Buat Prancis Malu

By Randy Wirawan - Sabtu, 13 Oktober 2012 | 03:57 WIB
Para Pemain Jepang Lakukan Selebrasi Usai Cetak Gol
Getty Images
Para Pemain Jepang Lakukan Selebrasi Usai Cetak Gol

88 hasil umpan dari Yuto Nagatomo, membuat Prancis malu di depan publik sendiri.

Babak pertama berlangsung Prancis langsung menekan pertahanan Jepang. Beberapa kali Prancis mendapatkan kesempatan emas, namun belum berbuah hasil. Terhitung tiga kali Karim Benzema mendapatkan kesempatan tetapi tendangannya selalu melebar di samping mistar gawang Jepang. Tendangan bebas Benzema di menit ke-39 juga masih dapat ditepis kiper Jepang, Eiji Kawashima.

Jepang sulit menembus pertahanan Prancis yang mampu menutup pergerakan pemain lawan di lapangan tengah. Salah satu kesempatan yang diperoleh Jepang yaitu di menit ke-16, saat Mike Havenaar menanduk bola tetapi masih melebar di sisi kanan mistar gawang yang dijaga kiper Hugo Lloris. Hingga babak pertama usai kedudukan imbang 0-0.

Pada babak kedua, Pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengganti tiga pemainnya. Mathieu Debuchy diganti dengan Christophe Jallet, Blaise Matuidi diganti Clement Chantome, dan Benzema diganti Mathieu Valbuena. Praktis Prancis tidak memiliki pemain dengan posisi striker murni di lapangan setelah pergantian pemain yang dilakukan.

Masuknya Frank Ribery di menit ke-68 menggantikan Jeremy Menez memberi suntikan segar terhadap serangan Prancis. Hasilnya Bafetimbi Gomis yang menggantikan Chantome, mampu menyarangkan bola ke gawang Jepang. Namun sayang golnya dianulir karena dianggap offside.

Pada babak kedua ini baik Jepang mau pun Prancis imbang dalam melakukan serangan. Hasilnya dengan memanfaatkan serangan balik, Jepang unggul dengan gol yang dicetak Yasuyuki Konno di menit ke-88 hasil umpan dari Yuto Nagatomo. Hingga babak kedua usai skor akhir 0-1 untuk kemenangan Jepang.

Susunan Pemain:

Prancis: Hugo Lloris; Mathieu Debuchy (Christophe Jallet 46'), Gael Clichy, Laurent Koscielny, Mamadou Sakho; Moussa Sissoko, Blaise Matuidi (Clement Chantome 46'), Etienne Capoue (Maxime Gonalons 68'), Olivier Giroud; Karim Benzema (Mathieu Valbuena 46'), Jeremy Menez (Frank Ribery 68').

Jepang: Eiji Kawashima; Yasuyuki Konno, Hiroki Sakai (Atsuto Uchida 86'), Yuto Nagatomo, Maya Yoshida; Yasuhito Endo, Hiroshi Kiyotake, Shinji Kagawa, Kengo Nakamura (Takashi Inui 62'); Makoto Hasebe (Hajime Hosogai 62'), Mike Havenaar (Hideto Takashi 86').


Editor : Okie Prabhowo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X