Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

MotoGP Tiru Sesi Kualifikasi Formula 1 Musim 2013

By Oka Akhsan M. - Minggu, 14 Oktober 2012 | 11:16 WIB
Valentino Rossi
Mirco Lazzari gp/Getty Images
Valentino Rossi

Sesi kualifikasi kelas MotoGP akan mengalami perubahan pada musim 2013. MotoGP akan meniru sistem Formula 1 yang membagi kualifikasi menjadi tiga tahapan.

Perubahan tersebut akan memungkinkan 10 pebalap tercepat dari tiga sesi latihan bebas pada Jumat secara otomatis lolos ke kualifikasi kedua keesokan harinya.

Pebalap tersisa selanjutnya akan ambil bagian dalam sesi tambahan berdurasi 15 menit. Dua pebalap tercepat dari sesi tersebut berhak lolos ke kelompok kedua.

12 pebalap tercepat itu kemudian akan diberi waktu selama 15 menit untuk kembali meraih catatan waktu terbaik. Hasil inilah yang akan digunakan untuk menentukan posisi start untuk balapan pada Minggu.

Menurut BBC Sport, perubahan tersebut hanya berlaku di kelas motoGP. Sedangkan kelas Moto3 dan Moto2 tetap menggunakan sistem yang digunakan saat ini, yaitu sesi kualifikasi Sabtu yang berlangsung selama satu jam penuh.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X