Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Program Madrid Foundation Bergulir di Indonesia

By Frengky Aruan - Selasa, 16 Oktober 2012 | 17:54 WIB

Yayasan Pengembangan Sosial Olah Raga atau Internasional Social Sport Development Foundation (YPSOI/ISSDF) bekerja sama dengan Real Madrid Foundation resmi meluncurkan program Sekolah Sosial Olah Raga (SSO) di Indonesia. Peluncuran itu dilakukan di Kantor baru YPSOI/ISSDF di Pintu Kuning, kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10).

Dalam kesempatannya, Ketua YPSOI/ISSDF, H. Faisal, mengatakan peluncuran program SSO di Indonesia bukan tanpa sebab. Sama halnya seperti program Real Madrid Foundation di 54 negara lainnya, peluncuran program SSO di Indonesia dimaksudkan untuk membangun kembali sekaligus menjembatani mimpi anak-anak Indonesia yang berada dalam kondisi ekonomi kurang mampu.

"Di Indonesia saat ini, sudah banyak berdiri sekolah sepak bola dan pembinaan usia dini disemarakan dengan didirikannya sekolah sepak bola asing. Tentu biaya masuk sekaligus mengikuti latihan di SSB asing itu sangat besar, bahkan bisa mencapai puluhan juta," kata H. Faisal.

"Oleh karena itu, kami tidak ingin mimpi itu terkubur. Kami ingin mimpi itu tetap hidup dan bagaimana anak-anak kita yang berada dalam ekonomi kurang mampu berani bermimpi. Kami dari YPSOI/ISSDF bekerjasama dengan Real Madrid Foundation ingin membantu mimpi mereka dan meyakinkan bahwa mereka bisa terus bermimpi," sambungnya.

Sampai saat ini, menurut Faisal, program SSO sendiri telah dijalankan di tujuh kota, masing-masing Banda Aceh, Yogyakarta, Sidoarjo, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, dan Jayapura. Peresmian digelarnya SSO di tujuh kota tersebut telah dilakukan pada 3 Maret 2012.

Sementara itu, pendiri Yayasan YPSOI/ISSDF sekaligus Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady mengatakan, selain anak-anak kurang mampu, SSO juga diperuntukkan bagi anak yang memiliki latar belakang lain. Misalnya, anak-anak di daerah konflik.

"Seperti Kolombia. Kolombia sendiri menjadi salah satu negara dengan sekolah yang cukup banyak, tercatat ada 30 SSO. Sementara di Cina hanya tiga, di Malaysia dan Vietnam belum ada," kata Adiyatwidi Adiwoso Asmady.

Tentang Real Madrid Foundation

Real Madrid Foundation atau La Fundacion Realmadrid didirikan pada 1999. Yayasan ini bergerak dalam bidang sosial internasional dengan tujuan mempromosikan nilai-nila sosial, non-diskriminasi dan pendidikan melalui olah raga di kalangan anak-anak dengan cara mnghindarkan mereka dalam situasi berisiko. Selain itu untuk mempromosikan gaya hidup dan kebiasaan sehat bagi anak-anak tersebut.

Program keolahragaan yang dikembangkan oleh Real Madrid Foundation adalah cabang sepak bola dan bola basket. Program ini lebih difungsikan sebagai alat integrasi sosial diperuntukkan bagi anak-nak dan remaja yang mengalami berbagai masalah sosial, ekonomi, dan pendidikan. Selain itu, program ini guna menanamkan nilai-nilai pendidikan umum dalam kaitan pembentukan karakter dari anak-anak tersebut, seperti kepemimpinan, persahabatan, komitmen, solidaritas, prestasi, semangat, disiplin, keuniversalan dan kebanggaan.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X