Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Meraba Pelabuhan Baru Pep Guardiola

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 23 Oktober 2012 | 00:58 WIB
Pep Guardiola
David Ramos/Getty Images
Pep Guardiola

Pep Guardiola membuat gempar dunia sepak bola pada akhir musim lalu. Pelatih berkepala plontos itu memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak di Barcelona meski masih berada di puncak karier.

Setelah menjadi pelatih tersukses Barcelona sepanjang masa dengan raihan 14 trofi dalam empat musim, Guardiola memilih pergi dari Camp Nou menuju New York. Keputusan tersebut diambil Guardiola usai gagal meraih gelar La Liga dan Liga Champion di musim terakhirnya bersama Blaugrana.

Guardiola kemudian menyatakan untuk menepi sementara dari ingar bingar sepak bola selama setahun. Pertanyaannya sekarang, ke mana ia akan berlabuh?

Jika melihat track record Guardiola di Barcelona, tak heran jika banyak klub yang mengincar tanda tangannya. Ia tak perlu susah payah mencari pekerjaan karena klub peminat pasti akan datang secara sukarela dengan membawa proposal yang menggiurkan.

Rumor yang mengaitkan Guardiola dengan beberapa klub besar kemudian bermunculan bak jamur di musim hujan. Pekan ini, Guardiola dikaitkan dengan Bayern Muenchen setelah Luca Toni, mantan pemain FC Hollywood dan rekan setim Pep di Brescia, menyebut pelatih berusia 41 tahun itu sangat cocok dengan karakter raksasa Jerman tersebut.

Sementara di Italia, La Gazzetta dello Sport mengabarkan presiden AC Milan, Silvio Berlusconi, telah meminta sang tangan kanan, Adriano Galliani, untuk mengatur pertemuan dengan Pep di New York. Melihat performa buruk I Rossoneri pada musim ini, Berlusconi melihat Pep sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan Massimiliano Allegri dan membawa klub yang bermarkas di San Siro itu kembali ke jalur juara.

Kepergian Pep ke New York juga membuat media setempat menghubungkannya dengan klub MLS, New York Red Bulls. Apalagi Red Bull terkenal gemar memakai jasa pelatih asing dan memiliki tiga pemain kelas dunia dalam diri Rafael Marquez, Thierry Henry, dan Tim Cahill.

Media juga tak mau ketinggalan dalam mengaitkan Guardiola dengan dua klub kaya Eropa, Manchester City dan Paris Saint-Germain. Meski demikian, banyak pihak ragu sosok sekaliber Guardiola yang "pensiun sementara" dari sepak bola setelah meraih sukses tergiur dengan kibasan uang.

Namun, yang menjadi topik terhangat justru datang dari Inggris. Media Inggris yang dikenal "senang bergosip" bahkan mengaitkan Guardiola dengan tiga klub sekaligus, yaitu Arsenal, Manchester United, dan Chelsea.

Pep dihubungkan dengan Arsenal karena memiliki tipikal permainan serta kebijakan pengembangan talenta muda yang sama dengan Barcelona. Sedangkan rumor Pep ke Old Trafford adalah untuk menjadi suksesor Sir Alex Ferguson.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X