Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tony Cussel-Raphael Belum Tentu Tampil di AFF

By Frengky Aruan - Jumat, 26 Oktober 2012 | 15:44 WIB

Peluang Raphael Guillermo Maitimo dan Tony Cussel untuk tampil di Piala AFF 2012 sangatlah kecil. Hal ini juga diakui oleh Koordinator Timnas Indonesia, Bob Hippy.

Menurut Bob Hippy, hal itu sendiri bukan tanpa sebab. Sampai saat ini, kedua pemain yang berkiprah di negeri Kincir Angin, Belanda itu belum juga memiliki paspor Indonesia. Artinya, status kedua pemain itu sebagai WNI belum teramat jelas.

"Menurut data yang  kami peroleh, kedua pemain itu sudah disumpah. Tapi, mereka belum punya paspor karena tidak memiliki KTP," jelas Bob Hippy.

Bob menambahkan bahwa pihak PSSI akan menunggu proses kelengkapan admistrasi kedua pemain itu. Namun, jika kedua pemain itu tak kunjung sah menjadi WNI, maka kemungkinan kedua pemain itu tidak dimasukkan ke dalam tim Indonesia yang berisi 22 pemain, untuk didaftarkan sehari sebelum Piala AFF digelar.

"Jadi kita tunggu saja, tentu kalau mereka tidak punya paspor juga maka tidak dipasang," jelas Bob Hippy.

Lebih jauh, Bob sebenarnya tak ingin berspekulasi mengenai peluang kedua pemain itu. Andai kata kedua pemain itu bisa melengkapi persyaratan menjadi WNI, keputusan akhir apakah kedua pemain itu dimasukkan dalam tim inti Indonesia yang berjumlah 22 pemain, tetap ada pada pelatih kepala, Nilmaizar.

"Pemain dari Belanda, termasuk juga Arthur Irawan dari Espanyol B hanya kita daftarkan saja. Mereka belum tentu main di Piala AFF karena mereka belum pernah ikut latihan.  Sejauh ini, pelatih Nilmaizar sudah memiliki kerangka tim," jelas Bob.

Di Piala AFF, Indonesia tergabung di Grup B bersama Malaysia, Singapura, dan Laos. Pada partai perdananya, Indonesia akan menghadapi Laos di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 25 November. Tiga  hari berselang Indonesia menghadapi Singapura sebelum akhirnya melawan sang musuh bebuyutan Malaysia pada 1 Desember.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X