Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zdenek Zeman Anggap Pemain Berbakat Tidak Penting

By Randy Wirawan - Sabtu, 27 Oktober 2012 | 23:46 WIB
Zdenek Zeman
Paolo Bruno/Getty Images
Zdenek Zeman

Pelatih AS Roma, Zdenek Zeman, berpendapat bahwa selain untuk menang, tim juga harus dapat menunjukkan permainan yang menghibur. Ia juga menganggap bakat dalam sepak bola itu tidak terlalu penting.

"Saya senang melatih pemain yang naif. Beberapa telah terpaku ide-ide, tetapi sekali membawa hasil maka akan membawa kebahagiaan. Argumen dengan pemain tidak akan bertahan lama karena ada banyak harmoni dalam sepak bola," ujar Zeman dalam acara Festival of Collective Intelligence.

"Dalam sepak bola anda harus meraih hasil, tetapi juga sekaligus menghibur orang-orang yang datang untuk menonton," lanjut Zeman di Football Italia.

"Bakat penting dalam sepak bola tapi tanpa itu masih dapat maju. Seseorang yang mengolah bola dengan baik disebut seniman. Namun 11 seniman belum tentu mengalahkan 11 pengrajin. Harus ada campuran dari dua kategori tersebut."

"Seseorang yang memiliki bakat tidak bisa hanya beristirahat dengan level kemampuan yang dimiliki, melainkan harus bekerja setiap hari untuk meningkatkan diri."

"Sepak bola adalah olah raga kolektif dan pemain yang paling berbakat juga harus membantu mereka yang kurang berbakat," kata Zeman.


Editor : Okie Prabhowo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X