Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nicolas Anelka, Laki-laki Tanpa Musuh Itu Pengecut

By Windu Puspa Ningtyas - Minggu, 28 Oktober 2012 | 11:09 WIB
Nicolas Anelka
Peter Parks/AFP
Nicolas Anelka

Shanghai Shenhua sempat dikabarkan akan melelang Didier Drogba dan Nicolas Anelka. Setelah bergabung di klub asal Cina, Anelka kerap mendapat kritikan pedas. Namun, menurut pemain berusia 33 tahun itu menganggap gaji dan kualitasnya sudah layak.

Anelka menegaskan dia tidak khawatir dengan segala kritik yang ditujukan padanya. Sebaliknya, mantan pemain Chelsea ini sangat bangga terhadap capaian karier sepak bola profesional. Dia juga menambahkan tidak menyesal meski telah membuat beberapa kontroversi.

"Laki-laki tanpa musuh itu seperti pengecut. Untuk semua orang yang membicarakan saya tetapi tidak tahu banyak mengenai pribadi saya, mungkin bisa dianggap musuh. Sepanjang karier saya selalu ada pertengkaran dengan media," kata Anelka kepada Le Parisien.

"Sekitar 65 juta orang Prancis berpikir mereka sangat tahu tentang sepak bola dan seolah mengatakan kepada para pemain yang harus dilakukan hanya menendang bola. Namun, ketika mereka menyebrangi lautan, mereka bahkan tidak bisa berbicara tiga ata dalam bahasa Inggris. Sementara saya, telah belajar bahasa Inggris, Spanyol, dan sekarang Cina. Saya mampu membuat dunia mengerti saya," lanjut Anelka.

Anelka merupakan salah satu pemain yang memiliki penghasilan besar saat dirinya hengkang dari Chelsea ke Shanghai Shenhua. Namun, menurut mantan pemain internasional Prancis ini apa yang didapatnya sangat layak.

"Anda khawatir dengan gaji Anda, begitu juga saya. Setiap orang berhak mendapat upah yang layak. Saya telah bekerja keras dan itu merupakan waktu yang panjang dan lama. Semua uang saya tidak hanya digunakan untuk membeli mobil atau tas mewah. Saya punya banyak teman dan keluarga besar. Saya senang dapat membantu mereka"

Anelka juga menyatakan alasannya menerima pinangan Shanghai Shenhua bukanlah karena faktor uang. Melainkan sesuatu yang lebih menantang dan menarik.

"Saya menerima Shanghai Shenhua karena sejak kecil telah tertarik dengan budaya Cina. Namun, faktor finansial juga bermain dibelakangnya. Terlepas dari semua itu, saya adalah seorang petualang dan suka untuk mendorong diri saya melakukan sesuatu yang lebih besar."

Selama kariernya, Anelka telah bermain untuk klub-klub besar Eropa, seperti Paris Saint-Germain, Arsenal, Real Madrid, Liverpool, Manchester City, dan Chelsea.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X