Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persaingan Ketat di AFF 2012

By Erie Wicaksono - Senin, 29 Oktober 2012 | 06:23 WIB

negara unggulan seperti Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Seluruh negara peserta telah mengirimkan daftar 35 nama pemain ke federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF), nama-nama tersebut akan menyusut menjadi 23. Batas waktu yang ditentukan adalah sepekan jelang AFF bergulir 24 November. Tuan rumah untuk tahun ini adalah Malaysia dan Thailand.

Singapura yang sudah memenangi gelar ini sebanyak tiga kali, menjadi salah satu favorit juara untuk tahun ini. Indonesia juga masuk bursa calon juara, kendati belum pernah mengangkat trofi. Berhasil masuk final sebanyak empat kali, menjadi pertimbangan Indonesia masuk bursa juara.

Thailand yang juga telah tiga kali meraih juara, sama dengan Singapura, tidak bisa dianggap sebelah mata. Pelatih Kepala Winfried Schafe, mengandalkan pemain muda dan menyingkirkan pemain senior seperti Suree Sukha, Teerathep Winothai, dan Sarayoot Chaikamdee. Sang juara bertahan Malaysia, juga melakukan beberapa perubahan, namun muka-muka lama macam Safiq Rahim, Safee Sali, dan S. Kunalan, masih menjadi andalan pelatih Rajagobal.

Selain negara-negara besar tersebut, munculnya kuda hitam juga menarik ditunggu, seperti Filipina yang pada AFF 2010 berhasil masuk babak semi final. Tahun ini mereka juga berpeluang mengulang kesuksesan tersebut, karena banyak pemain mereka yang merumput di liga-liga Eropa.


Editor : Erie Wicaksono


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X