Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jika Terbukti Bersalah Clattenburg Bisa Dipecat

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 30 Oktober 2012 | 04:36 WIB
Mark Clattenburg
Getty Images
Mark Clattenburg

Pemimpin pertandingan di partai Chelsea kontra Manchester United, Mark Clattenburg menimbulkan berbagai reaksi. Clattenburg mengeluarkan dua kartu merah dari sakunya untuk pemain The Blues Branislav Ivanovic dan Fernando Torres.

Tak sampai di situ, Clattenburg juga ditengarai melakukan tindakan rasis kepada pemain Chelsea yang kemudian mengundang Jeff Winter selaku mantan pengadil lapangan untuk menyuarakan pendapatnya.

Dalam hal ini, Jeff merasa Clattenburg tak bisa lagi memimpin pertandingan jika ia terbukti bersalah.

"Jika seorang wasit telah menggunakan kata-kata berbau rasial atau bahasa 'khusus' untuk pemain, maka dia akan mendapatkan getahnya," ujar Winter kepada Radio 5 Live.

"Dia tidak hanya akan mendapat empat atau delapan larangan memimpin, mungkin hal itu bisa menjadi akhir dari karirnya ketika ia memang terbukti mengatakan hal tersebut."

Lebih jauh, Winter juga menyatakan bahwa Clattenburg tak bisa memimpin ketika ia tengah dibebani masalah.

"Saya merasa sangat tidak mungkin bagi Mark Clattenburg untuk mendapat izin memimpin pertandingan sampai masalahnya selesai. Kita tidak ingin hal ini berlangsung selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan."

Adapun pertandingan yang dipimpin Mark Clattenburg tersebut berakhir dengan kemenangan Manchester United 3-2.

Laporan Tribunnews/Ravianto




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X