Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tidak Ada Naturalisasi di Malaysia

By Erie Wicaksono - Selasa, 30 Oktober 2012 | 11:47 WIB
Khrisnasamy Rajagobal
Peksi Cahyo
Khrisnasamy Rajagobal

negara di Asia Tenggara melakukan naturalisasi pemain, tidak lantas membuat Malaysia ingin ikut melakukan hal tersebut. Pelatih Kepala Tim Nasional Malaysia, Khrisnasamy Rajagobal, menegaskan bahwa Tim Harimau Malaya harus terdiri dari putra terbaik bangsa.

"Bagi saya, saya tidak setuju dengan naturalisasi. Saya ingin pemain saya memiliki rasa saling memiliki, patriotisme, dan mengerti kebudayaan yang kami miliki," ucap pelatih berumumur 59 tahun ini.

Diantara negara peserta AFF 2012, Filipina dan Singapura merupakan negara yang paling banyak memiliki pemain naturalisasi. Indonesia sendiri dalam daftar nama yang telah diserahkan ke federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF), terdapat dua nama pemain naturalisasi baru yaitu Stefano Lilypaly dan Jhon van Beukering.

"Itu terserah Indonesia untuk memanggil pemain tersebut. Saya yakin mereka telah melakukan studi, mengapa mereka membutuhkan pemain tersebut. Saya kira pemanggilan itu, untuk membantu menciptakan gol di kompetisi mendatang. Tetapi mereka harus sadar, bahwa mempunyai pemain naturalisasi bukan jaminan untuk berhasil. Banyak negara yang sudah merasakannya," lanjut Rajagobal yang berhasil membawa Malaysia juara AFF 2010.


Editor : Erie Wicaksono


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X