Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ajaib, 12 Gol, Walcott Hattrick, Arsenal Lolos

By Adil Pradipta - Rabu, 31 Oktober 2012 | 05:27 WIB
Theo Walcott
Getty Images
Theo Walcott

5 dan memastikan lolos ke babak perempat final Piala Capital One, Rabu (31/10) dini hari WIB, setelah sempat tertinggal 4-1 di babak pertama. Theo Walcott sukses mencetak hattrick dipertandingan yang menghasilkan 12 gol tersebut.

Bermain di depan dukungan suporter sendiri Reading memberikan kejutan besar bagi pasukan Arsene Wenger dan membuat sejumlah pendukung Arsenal meninggalkan stadion lebih cepat. Betapa tidak, Reading mampu merobek gawang yang dikawal Damian Matinez sebanyak empat kali dalam 37 menit.

Rotasi besar-besaran yang dilakukan Wenger seolah menjadi malapetaka bagi Arsenal di babak pertama. Gol pertama Reading tercipta pada menit ke-12 setelah Jason Robert merobek gawang Martinez dengan tandukkannya memanfaatkan umpan Hal Robson-Kanu.

Enam menit kemudian Reading berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 karena kesalahan bek Arsenal, Laurent Koscielny. Pemain itu ingin menghalau tendangan Chris Gunter, sayang bola justru masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Pada menit ke-20 Reading menjadikan The Gunners semakin terpuruk karena Mikele Leigertwood kembali membobol gawang Martinez setelah upaya antisipasinya tidak sempurna. Tertinggal 3-0 tim tamu tampak mustahil lolos ke babak selanjutnya di Piala Capital One sebab Reading lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Reading berhasil membuat sejumlah pendukung Arsenal putus asa dan meninggalkan stadion setelah Noel Hunt kembali memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Ya, pada menit ke-37 umpan silang Garath McCleary berhasil ditanduk Hunt dan menjebol gawang Martinez untuk kali keempat.

Arsenal akhirnya mampu mencetak gol balasan pada masa tambahan waktu babak pertama. Dengan mengandalkan kecepatan berlari Theo Walcott tidak menyia-nyiakan umpan terobosan dan menaklukkan kiper Adam Federici dan mengakhiri babak pertama dengan skor 1-4.

Di babak kedua Arsenal seolah mendapat keajaiban karena mampu memaksa Reading memainkan babak tambahan. Meski tertinggal tiga gol Arsenal sanggup bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 4-4 selama 90 menit berlangsungnya pertandingan.

Tiga gol tambahan Arsenal masing-masing diciptakan Olivier Giroud (64'), Laurent Koscielny (89'), dan Walcott (90+5). Kedudukan 4-4 memaksa kedua tim memainkan babak tambahan guna menemukan satu pemenang yang berhak lolos ke perempat final.

Di babak tambahan waktu Arsenal akhirnya memastikan lolos karena berhasil membalikkan keadaan menjadi 7-5. Tiga gol tambahan itu disumbangkan Marouane Chamakh (103'), (123') dan Walcott (120'), sedangkan satu gol tambahan Reading diciptakan Pavel Pogrebnyak (116').




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X