Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Head to Head: AS Roma Masih Unggul atas Lazio

By Yudhi F. Oktaviadhi - Jumat, 9 November 2012 | 18:31 WIB
Sengitnya Derby della Madonina Terakhir.
Paolo Bruno/Getty Images
Sengitnya Derby della Madonina Terakhir.

Partai Derby della Capitale antara Lazio dan AS Roma akan dihelat pada Minggu (11/11) dini hari WIB di Olimpico. Dari sejarah pertemuan antar kedua tim, ternyata Roma memiliki catatan kemenangan yang lebih banyak dibanding  atas rival satu kotanya, Lazio.

Kedua tim akan bertemu dalam lanjutan Serie A 2012/13 pekan ke-12. Kali ini yang akan bertindak sebagai tuan rumah adalah Il Biancoceleste, sehingga para pendukung Lazio dipastikan akan mendapat jatah 3/4 tempat duduk dari kapasitas stadion. Sampai pekan ke-11, Lazio berada di peringkat lima klasemen dengan perolehan 19 poin. Sedangkan AS Roma berada di peringkat enam dengan terpaut dua poin dari rival sekotanya itu.

Apabila ditilik dari sejarah pertemuan kedua tim di Serie A. Tercatat kedua tim sudah bertemu di Serie A sebanyak 138 kali. Dari jumlah pertandingan sebanyak itu, AS Roma memenangi pertandingan sebanyak 48 kali, sedangkan Lazio baru meraih 36 kemenangan, dan sisanya berakhir imbang. AS ROma juga menjadi tim yang paling produktif dalam mencetak gol dengan torehan 168 gol ke gawang Lazio. Sedangkan Lazio mampu menjebol gawang Roma sebanyak 132 kali

Pada ajang Coppa Italia, kedua tim sudah bertemu pada 17 pertandingan. AS Roma juga masih unggul dengan raihan sembilan kemenangan. Lazio baru meraih lima kemenangan dan tiga laga berakhir imbang. Roma juga lebih produktif dengan mencetak 21 gol, sedangka Lazio dapat 16 kali membobol gawang Tim Serigala.

Kedua tim belum pernah bertemu di kejuaraan Eropa. Apabila ditotalkan, pada pertandingan resmi, kedua tim sudah bertemu sebanyak 155 kali. AS Roma memenangi 57 pertandingan, 57 pertandingan berakhir imbang, dan Lazio memenangi 41 pertandingan. Roma mencetak gol lebih banyak ke gawang Lazio dengan torehan 189 gol, sedangkan Lazio telah mencetak 148 gol ke gawang Roma.

Partai Derby della Capitale pertama kali terjadi pada 8 Desember 1929, di mana ketika itu AS Roma memenangi pertandingan 1-0, lewat gol yang dicetak Rodolfo Volk. Sedangkan Lazio baru memenangi pertandingan derby pertama mereka pada 23 Oktober 1932 dengan skor 2-1. Gol Lazio dicetak oleh Demaria dan Castelli, sedangkan AS Roma hanya mampu membalas lewat gol Volk.


Editor : Syamsul Arif


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X