Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chelsea Membukukan Rekor Pendapatan Klub!

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 10 November 2012 | 02:08 WIB
Roman Abramovich
Tal Cohen/Getty Images
Roman Abramovich

Kesuksesan Chelsea di atas lapangan hijau dengan meraih gelar Liga Champion pada musim lalu berimbas positif ke sisi finansial. The Blues dikabarkan meraih keuntungan untuk pertama kali sejak Roman Abramovich membeli klub asal London itu sembilan tahun silam.

Keuangan Chelsea selalu negatif setiap musim sejak 2003 karena terus mendatangkan pemain bintang berbanderol mahal untuk membangun kekuatan baru di Premier League. The Blues bahkan tercatat merugi hingga 67,7 juta pound atau sekitar 1,03 triliun rupiah pada musim lalu.

Namun, semua pengeluaran Chelsea untuk membangun tim kuat akhirnya membuahkan hasil pada 2012. Setelah sempat meraih keuntungan sebesar 1,4 juta pound (21 miliar rupiah) pada 30 Juni, The Blues kembali mengumumkan telah meraih pendapatan sebesar 255,7 juta pound (3,9 triliun rupiah), pada Jumat (9/11), atau kelima terbesar di antara klub-klub Eropa!

Peningkatan pendapatan Chelsea yang luar biasa itu dipengaruhi dua faktor, yaitu menjadi juara Eropa dan penjualan beberapa pemain. Elemen kunci lain yang memengaruhi sehatnya kondisi keuangan Chelsea adalah pelunasan utang klub oleh Abramovich.

"Tantangan terbesar sebuah tim adalah meraih sukses di atas lapangan hijau sekaligus meraih keuntungan besar di waktu yang bersamaan," kata kepala eksekutif Chelsea, Ron Gourlay, kepada CNN.

"Filosofi klub ini dibangun atas dasar kesuksesan. Kami sukses meraih gelar Liga Champion musim lalu sehingga berimbas positif ke aspek ekonomi klub," pungkas Gourlay.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X