Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Uji Coba dengan Panama, Wujud Komitmen Spanyol

By Jaka Sutisna - Selasa, 13 November 2012 | 21:53 WIB
Vicente Del Bosque
Denis Doyle/Getty Images
Vicente Del Bosque

Spanyol siap hadapi Panama di markasnya , Estadio Rommel Fernandez Gutierrez, Rabu (14/11). Meski tak menyertakan banyak punggawa utama, La Furia Roja tetap menyertakan Juan Mata sebagai komitmen keseriusan negara Semenanjung Iberia tersebut di laga persahabatan ini.

Tak hanya Mata, juara dunia 2010 serta jawara Euro 2008 dan 2012 tersebut juga membawa bek Barcelona, Martin Montoya dan gelandang Real Betis, Benat Extebarria. Sedangkan, pemain sayap Athletic Bilbao, Markel Susaeta akan menjalani debut internasionalnya bersama Spanyol jika diturunkan.

Montoya merupakan satu dari delapan pemain El Barca yang masuk skuad Spanyol dalam laga yang menempuh ribuan kilometer tersebut. Minus, Xavi Hernandez yang ditinggal di rumah.

Spanyol masih tak terkalahkan dalam 16 pertandingan di semua kompetisi. David Villa dkk. kini bertengger di puncak Grup A kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil zona Eropa, hasil dua kali menang dan sekali imbang.

Perjalanan ke Panama merupakan yang pertama bagi Spanyol. Negara Amerika Tengah tersebut adalah bekas koloni Spanyol dan mempunyai bahasa resmi Spanyol.

"Perjalanan ke Panama merupakan bagian dari komitmen negara kami kepada Panama dalam hal olah raga. Laga ini juga sekaligus sebagai persiapan bagi kami untuk menghadapi pertandingan mendatang," jelas Vicente Del Bosque.

Secara peringkat FIFA, Panama jauh di bawah Spanyol. Negara yang termasuk ke dalam zona Concacaf tersebut kini nangkring di posisi 46 dunia.

Tim nasional asuhan Dely Valdes tersebut telah melangkah ke babak keempat kualifikasi Piala Dunia Brasil 2014 zona Concacaf.

Panama akan bersaing dengan Costa Rica, Honduras, Jamaica, Meksiko, dan USA untuk memperebutkan posisi pertama hingga ketiga yang artinya tiga tiket langsung ke Brasil 2014. Sedangkan, peringkat keempat di zona ini, harus melakoni laga play-off.

Mereka akan melakoni laga perdana kualifikasi akhir zona Concacaf menghadapi Costa Rica pada 6 Februari 2013, berlanjut kontra Jamaica pada 22 Maret di tahun yang sama.


Editor : Jaka Sutisna


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X