Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chelsea Dikecam Terkait Kasus Mark Clattenburg

By Windu Puspa Ningtyas - Rabu, 14 November 2012 | 09:01 WIB
Mark Clattenburg
Ian Kington/Getty Images
Mark Clattenburg

Perkumpulan para pengacara yang tergabung dalam Balck Lawyers mengecam tindakan yang dilakukan oleh kubu Chelsea terkait kasus rasisme Mark Clattenburg. Menurut Black Lawyers tindakan The Blues dengan tidak melaporkan Clattenburg ke polisi menunjukkan sikap tidak konsisten melawan rasisme dalam sepak bola.

Ketua Black Lawyers, Peter Herbert, mengkritisi tindakan yang dilakukan Chelsea yang tidak melaporkan tuduhan mereka terhadap Clattenburg ke polisi. Sejauh ini The Blues hanya melakukan pengaduan ke pihak FA. Menurut Herbert jika mereka tidak melaporkan hal tersebut ke polisi, maka kasus tersebut bisa dikatakan cacat hukum karena kurangnya bukti.

Sikap Chelsea ini memperlihatkan bahwa klub belum memiliki komitmen jelas untuk memerangi rasisme di dalam dunia sepak bola.

"Yang terjadi Chelsea hanya melaporkan ke FA yang memiliki kewenangan terabtas akan kasus tersebut, bukannya ke pihak polisi. Itu jelas terlihat sebagai contoh lain bahwa industri sepak bola tidak tegas menanggapi masalah rasisme. Seharusnya mereka tidak membebani korban dan melaporkan masalah tersebut ke polisi," kata Herbert kepada Sky Sports.

Lagi menurut Herbert, itu merupakan kepincangan yang terjadi dalam regulasi industri sepak bola terhadapa kasus yang selama ini mereka usung.

"Kasus ini dapat menyoroti bahwa industri sepak bola tidak dapat mengatur diri mereka sendiri. Publisitas yang mereka lakukan seharusnya harus adil untuk semua pihak, termasuk orang yang diduga sebagai tersangka. Keadilan harus ditegakkan dan sebaiknya tidak terkait dengan internal FA."




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X