Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jerman dan Belanda Bermain Imbang Tanpa Gol

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 15 November 2012 | 04:45 WIB
Daryl Janmaat
Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Daryl Janmaat

0 dalam sebuah laga persahabatan di Amsterdam ArenA, pada Kamis (15/11) dini hari WIB. Hasil ini menjaga rekor tak terkalahkan Tim Panser atas Tim Oranye dalam lima pertandingan terakhir.

Peluang pertama di pertandingan ini diperoleh tuan rumah pada menit ke-20. Menerima umpan silang Ruben Schaken dari sisi kanan, Dirk Kuyt berhasil melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sayang, tendangan pemain Fenerbahce itu masih terlalu lemah sehingga bola dengan mudah ditangkap Manuel Neuer.

Semenit berselang, giliran Jerman yang membahayakan gawang Belanda. Mario Goetze yang mendapat umpan silang Benedikt Hoewedes di kotak penalti Tim Oranye berhasil menipu John Heitinga sebelum melepaskan tendangan kaki kiri. Namun, Heitinga dengan sigap langsung membalik badan untuk memblok bola sepakan Goetze.

Laga berjalan setengah jam, giliran Arjen Robben yang mendapatkan peluang membuka skor. Mendapat umpan terobosan Ibrahim Afellay, pemain Bayern Muenchen itu sebenarnya telah berhasil mengecoh Neuer. Sayang, tendangan Robben ke arah gawang yang telah lowong masih bisa dihalau Hoewedes.

Jerman nyaris membuka keunggulan sesaat jelang turun minum. Ilkay Guendogan yang tak terkawal mendapatkan bola liar persis di depan kotak penalti Belanda. Namun, tendangan keras gelandang Borussia Dortmund itu lagi-lagi berhasil diblok Heitinga. Skor 0-0 akhirnya bertahan hingga jeda.

Babak kedua berjalan kurang menarik dan cenderung monoton. Hanya sedikit peluang yang diciptakan kedua tim. Kondisi itu banyak dipengaruhi oleh keputusan Louis van Gaal dan Joachim Loew yang melakukan beberapa pergantian pemain guna mencoba beberapa muka baru.

Peluang terbaik didapatkan tuan rumah lewat bek kanan Daryl Janmaat, yang baru masuk usai turun minum, pada menit ke-77. Bek kanan berusia 23 tahun milik Feyenoord itu secara tiba-tiba muncul dari lini kedua dan melepaskan tendangan keras ke pojok kiri gawang Jerman. Beruntung bagi Tim Panser, Neuer tak kehilangan konsentrasi dan mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Peluang terakhir diperoleh tim tamu melalui Andre Schuerrle di masa injury time. Namun, pemain Bayer Leverkusen itu terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan sehingga tendangannya melambung jauh di atas mistar gawang Kenneth Vermeer. Hasil imbang tanpa gol tak berubah hingga laga usai.

Susunan pemain

Belanda: Kenneth Vermeer; Ricardo van Rhijn (Daryl Janmaat 46'), John Heitinga (Stefan de Vrij), Ron Vlaar, Bruno Martins Indi; Nigel De Jong, Rafael van der Vaart (Urby Emanuelson 72'); Ruben Schaken, Ibrahim Afellay (Marco van Ginkel 59'), Arjen Robben (Eljero Elia 46'); Dirk Kuyt

Jerman: Manuel Neuer; Benedikt Hoewedes, Per Mertesacker, Mats Hummels, Phillipp Lahm; Lars Bender (Sven Bender 81'), Ilkay Guendogan; Thomas Mueller (Andre Schuerrle 84'), Lewis Holtby (Roman Neustaedter 87'), Mario Goetze (Lukas Podolski 72'); Marco Reus (Julian Draxler 90')


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X