Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sejarah Singkat Awal Derby London Utara

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 16 November 2012 | 02:03 WIB
David Ginola dan Marc Overmars
Getty Images
David Ginola dan Marc Overmars

Bentrok Arsenal kontra Tottenham Hotspur dikenal dengan derby London Utara dan kedua seteru satu kota tersebut akan kembali bertemu, Sabtu (17/11) malam WIB. Akan tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu kapan pertama kali rivalitas keduanya mulai terjadi.

Pertandingan pertama antara Arsenal kontra Tottenham Hotspur terjadi pada 19 November 1887 dalam sebuah pertandingan persahabatan. Saat itu The Gunners masih bermarkas di Manor Ground, Plumstead dan dikenal sebagai Royal Arsenal.

Pertandingan tersebut harus berhenti lebih awal, tepatnya 15 menit sebelum berakhir karena terjadi masalah penerangan dan Tottenham dalam posisi unggul 2-1. Selanjutnya, Arsenal dan Spurs akhirnya bertemu di ajang Divisi Satu pada 4 Desember 1909 dan The Gunners keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0.

Rivalitas kedua klub tersebut ternyata baru dimulai pada 1913, ketika Arsenal memindahkan markas mereka dari Manor Ground, Plumstead ke Arsenal Stadium, Highbury. Nah, Stadion Highbury hanya berjarak empat mil dari markas Tottenham, White Hart Lane. Setelah menjadi tetangga, secara alami rivalitas keduanya pun dimulai.

Perseteruan kedua klub asal London Utara tersebut semakin panas saat Arsenal dan Tottenham bentrok secara reguler. Tepatnya sejak Arsenal promosi ke Divisi satu pada 1919.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X