Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Manajer Timnas Umumkan 22 Pemain Timnas di AFF

By Frengky Aruan - Selasa, 20 November 2012 | 15:56 WIB

Empat hari jelang Piala AFF 2012 bergulir, manajer tim nasional Indonesia, Habil Marati resmi mengumumkan daftar 22 pemain timnas yang akan terbang ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada 21 November 2012. Sesuai dengan prediksi, nama Raphael Maitimo untuk sementara harus ditinggal di Indonesia.

"Seluruh pemain akan berangkat ke Kuala Lumpur, Rabu (21/11). Setelah tiba mereka akan dijemput oleh Duta Besar Indonesia dan akan diajak untuk mengikuti santap siang. Setelah itu, timnas Indonesia akan dilepas," kata Habil dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (20/11).

Menurut Habil Marati, ditinggalnya Raphael Maitimo sendiri bukan tanpa sebab. Jajaran pelatih dan manajemen timnas Indonesia ingin pemain naturalisasi asal Belanda itu menuntaskan proses kepindahan kewarganegaraannya lebih dulu. Jika rampung, Raphael Maitimo disebut akan terbang ke Kuala Lumpur.

"Saya pikir proses pembuatan paspor Raphael sudah 60 persen. Sebelumnya, kami sudah mengurus ke kementerian, Sekjen PSSI, dan terakhir ke Kedutaan Besar Belanda. Untuk saat ini, Raphael ditinggal karena sedang menyelesaikan administrasi naturalisasinya. Diharapkan, ia bisa menyusul pada 23 November 2012," jelas Habil.

Habil sendiri menambahkan, kehadiran Raphael Maitimo di Malaysia seusai merampungkan administrasi, untuk bergabung dengan timnas. Habil mengakui akan ada pemain yang dikeluarkan dari daftar 22 pemain yang telah dirilisnya, apabila Raphael sudah menyelesaikan proses naturalisasinya.

"Kalau Raphael masuk, tentu akan ada pemain yang dipindahkan dari daftar 22 pemain. Namun kami tetepa mempersiapkan pemain-pemain selain dari 22 pemain, dari daftar 35 nama yang sebelumnya telah dikirim PSSI. Pemain di luar 22 nama yang kami serahkan pada pertemuan menajer sehari sebelum Piala AFF itu untuk mewanti-wanti apabila ada pemain yang cedera di dalam turnamen itu," ujar Habil.

Kiper: Wahyu Tri Nugroho, Endra Prasetya

Bek: Handi Ramdan, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Fachrudin, Wahyu Wijiastanto, Valentino Telaubun, Arthur Irawan

Gelandang: Corneles Geddi, Elie Aiboy, Andik Vermansyah, Tonnie Harry Cussel, Taufiq, Vendry Mofu, Rasyid Assahid Bakrie, Oktovianus Maniani

Penyerang: Samsul Arif, Rachmat Syamsuddin Leo, Jhonny van Beukering, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X