Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Abete, Serie A Akan Kembali Diikuti Oleh 18 Klub

By Syamsul Arif - Sabtu, 24 November 2012 | 17:03 WIB
Giancarlo Abete
Claudio Villa/Getty Images
Giancarlo Abete

Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Giancarlo Abete, menyatakan bahwa ia memiliki rencana untuk mengurangi peserta Serie A menjadi 18 klub secepat mungkin. Abete juga menyebutkan bahwa ia ingin memberi tiket Liga Champion kepada wakil Italia yang berhasil masuk ke babak semifinal Liga Europa.

Serie A sempat diikuti oleh 18 klub dalam rentang musim 1988/89 sampai 2003/04. Sejak musim 2004/05, FIGC memutuskan untuk menambah jumlah peserta Serie A menjadi 20 klub. Pada awalnya keputusan itu muendapat sambutan yang cukup hangat mengingat akan semakin sengitnya persaingan di Serie A. Namun, seiring waktu berjalan, ternyata Italia terkena imbas krisis ekonomi yang tengah terjadi di Eropa pada beberapa tahun kebelakang. Hal itu menyebabkan wacana pengurangan klub peserta Serie A menjadi 18 klub kembali mencuat ke publik. Pengurangan itu diyakini dapat membuat penghematan jutaan uang untuk pihak klub serta menambah daya saing.

Giancarlo Abate pun menyatakan bahwa ia memiliki rencana untuk mengurangi jumlah klub Serie A menjadi 18 klub kepada RaiSport.

"Saya dapat mengatakan bahwa kami semua berharap untuk mengembalikan Serie A hanya diikuti oleh 18 klub secepat mungkin," kata Abete.

"Kami juga sedang mempelajari rencana bersama UEFA mengenai hadiah tiket kualifikasi Liga Champion pada musim berikutnya, yang akan diberikan kepada tim yang berhasil masuk ke semi final Liga Europa."


Editor : Syamsul Arif


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X