Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lionel Messi, Pemain Paling Berharga di Dunia

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 8 Desember 2012 | 00:14 WIB
Lionel Messi
David Ramos/Getty Images
Lionel Messi

Bintang Barcelona, Lionel Messi, berada di peringkat pertama dalam daftar pemain yang memiliki harga jual tertinggi di dunia. Sementara itu, Barcelona menjadi klub yang memiliki skuad termahal sejagat.

Daftar tersebut dikeluarkan oleh perusahaan konsultasi asal Brasil, Pluriconsultoria. Data tersebut berasal dari penelitian tahunan mereka dengan menganalisis perkiraan harga pasar semua pesepak bola profesional di seluruh dunia.

Hasilnya, tiga pemain yang merumput di La Liga menguasai daftar pemain paling berharga pada saat ini. Messi berada di posisi teratas dengan harga jual sebesar 140 juta euro atau sekitar 1,7 triliun rupiah. Pemain asal Argentina itu dibuntuti bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dengan 96,3 juta euro (1,1 triliun rupiah) dan rekan setimnya di Barcelona, Andres Iniesta, dengan 68,5 juta euro (852 miliar rupiah).

Sedangkan daftar tim dengan skuad paling mahal dikuasai Barcelona sebesar 671 juta euro (8,3 triliun rupiah) dan Real Madrid sebesar 593 juta euro (7,3 triliun rupiah). Klub La Liga lain yang masuk 20 besar adalah Atletico Madrid di posisi ke-14 dengan 226 juta euro (2,8 triliun rupiah).

Most valuable players:

1. Lionel Messi, 140 juta euro
2. Cristiano Ronaldo, 96,3 juta euro
3. Andres Iniesta, 68,4 juta euro
4. Wayne Rooney, 60,2 juta euro
5. Radamel Falcao, 56,1 juta euro

Most valuable squads:

1. Barcelona, 671 juta euro
2. Real Madrid, 593 juta euro
3. Manchester City, 489 juta euro
4. Manchester United, 452 juta euro
5. Bayern Muenchen, 429 juta euro


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X