Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Larut Van Persie Tentukan Kemenangan United

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 9 Desember 2012 | 22:31 WIB
Manchester City vs Manchester United
Getty Images
Manchester City vs Manchester United

3 untuk kemenangan pasukan Sir Alex Ferguson.

<object width="425" height="350" data="http://www.youtube.com/v/uuAF-StT9qA" type="application/x-shockwave-flash"> </object>

United sukses membalas kekalahan 0-1 musim 2011/12 di Etihad Stadium. Laga yang disebut-sebut bisa menentukan gelar juara tersebut menguntungkan kubu Old Trafford.

Betapa tidak, saat ini saja kemenangan atas The Citizens menjadikan United dapat memperlebar jarak di puncak klasemen sementara Premier League. Sekarang Man. United mengemas 39 poin atau unggul enam poin dari City yang menempati posisi kedua dengan 33 poin.

Menghadapi United, Roberto Mancini cukup mengejutkan dengan menduetkan Mario Balotelli dengan Sergio Aguero sebagai starting eleven yang ditopang Yaya Toure, Samir Nasri, dan David Silva yang sempat diragukan karena mengalami cedera hamstring. Kendati demikian, sejak menit pertama City sanggup mendominasi jalannya pertandingan.

Lebih disibukkan menggalang pertahanan Setan Merah praktis mengandalkan permainan serangan balik. Pada menit ke-11 City mendapat peluang bagus dari umpan silang Gael Chichy kepada Baotelli. Sayang, Balotelli yang berdiri cukup bebas di depan gawang David de Gea tidak mampu melakukan penyelesaian dengan sempurna.

Pada menit ke-16 berawal dari serangan balik cepat Ashley Young dan berhasil memberikan umpan silang kepada Wayne Rooney berujung gol. Tendangan tidak terlalu keras, namun cukup memperdaya Joe Hart membuat The Red Devils unggul sementara 1-0.

Mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama membuat City kembali mendapatkan peluang dari pergerakkan individu Aguero. Akan tetapi, setelah melewati seluruh pemain bertahan United yang menghadang tembakkan langsung tidak terlalu keras sehingga sanggup diantisipasi De Gea.

Lagi-lagi lewat serangan balik dari sayap United menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Ya, pada menit ke-29 Rooney kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol Rooney tercipta berkat umpan silang mendatar yang dilepaskan Rafael da Siva. Hingga babak pertama berakhir Aguero dkk. tetap tidak sanggup menciptakan gol balasan karena tangguhnya barisan pertahanan United yang digalang Rio Ferdinand cs.

Di interval kedua pergantian pemain yang dilakukan Roberto Mancini membuat City tampil lebih tajam saat menyerang. Masuknya Carlos Tevez menggantikan sangat mempengaruhi permainan City di babak kedua.

Benar saja pada menit ke-60 berawal dari tembakkan Tevez kemudian Silva yang masih digagalkan De Gea akhirnya tetap berbuah gol. Pasalnya bola blok De Gea kembali jatuh ke kaki Tevez yang lansung memberikan umpan silang ke Yaya Toure dan melepaskan tembakkan ke pojok kanan gawang United tidak lagi sanggup di jangkau De Gea.

Skuad Etihad akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-86. Berawal dari tendangan sudut Pablo Zabaleta beruntung mendapatkan bola di kakinya dan tanpa lama-lama langsung melepaskan tembakkan keras yang sulit diredam De Gea.

Ketika pertandingan tampak seperti akan berakhir sama kuat pada masa tambahan waktu tiba-tiba terjadi pelanggaran terhadap Rafael di luar kotak penalti City dan berbuah tendangan bebas bagi United.  Robin van Persie pun keluar sebagai pahlawan kemenangan Setan Merah usai eksekusi tendangan bebasnya bersarang di dalam gawang Joe Hart dan pasukan Sir Alex pun menyudahi laga dengan kemenangan 3-2.

****
Susunan Pemain

Man. City: 1-Joe Hart; 5-Pablo Zabaleta, 4-Vincent Kompany (28-Kolo Toure 21), 33-Matija Nastasic, 22-Gael Clichy; 18-Gareth Barry, 42-Yaya Toure (10-Edin Dzeko 84); 8-Samir Nasri, 16-Sergio Aguero, 21-David Silva; 45-Mario Balotelli (32-Carlos Tevez 52).

Man. United: 1-David de Gea; 2-Rafael da Silva, 5-Rio Ferdinand, 6-Jonny Evans (12-Chris Smalling 49), 3-Patrice Evra; 7-Antonio Valencia (4-Phil Jones 84), 16-Michael Carrick, 23-Tom Cleverley (19-Danny Welbeck 88), 18-Ashley Young; 10-Wayne Rooney; 20-Robin van Persie.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X