Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol di Pengujung Laga, Everton Tundukkan Spurs

By Octa Kusuma Nugraha - Senin, 10 Desember 2012 | 01:14 WIB
Clint Dempsey, sumbangan satu golnya tak mampu menyelamatkan Spurs dari kekalahan.
Stu Forster/Getty Images
Clint Dempsey, sumbangan satu golnya tak mampu menyelamatkan Spurs dari kekalahan.

1 atas Tottenham Hotspur di Goodison Park, Minggu (9/12). Pasalnya, dua gol yang dicetak kubu tuan rumah terjadi di pengujung laga.

Tak hanya itu, dua gol yang memastikan kemenangan Everton ini pun lahir hanya dalam rentang waktu kurang dari dua menit, berkat aksi Steven Pienaar (menit ke-90) dan Nikica Jelavic (92').

Sepasang gol skuad asuhan David Moyes pada menit-menit akhir ini seolah menenggelamkan kegembiraan Spurs, yang unggul lebih dulu sejak menit ke-76 berkat aksi Clint Dempsey.

Meski kedua tim imbang bermain terbuka sejak awal laga, namun gol tak kunjung tercipta hingga paruh pertama berakhir. Maklum, penampilan ciamik kiper Everton, Tim Howard, dan impresifnya performa Hugo Lloris dalam mengawal gawang Spurs membuat kedua tim tak kunjung menciptakan gol di paruh pertama.

Akan tetapi, gelombang serangan Tottenham yang bertumpu pada duet Jermaine Defoe dan Emmanuel Adebayor membuat Howard menjadi kiper yang pertama memungut bola dari dalam gawangnya sendiri. Tendangan Dempsey, yang sempat mengenai pemain Everton, tak mampu diantisipasi Howard.

Tertinggal satu gol membuat The Toffees meningkatkan serangan. Masuknya penyerang jangkung asal Yunani, Apostolos Vellios, untuk menggantikan Leon Osman pada menit ke-81 merepotkan konsentrasi lini belakang Spurs yang dikomandoi William Gallas. Keputusan ini terbilang mujarab. Pasalnya, sundulan Pienaar,  yang mampu lolos dari penjagaan Gallas dkk., membuat Everton menyamakan kedudukan ketika laga memasuki menit ke-90. Selang dua menit, giliran Jelavic yang menembus gawang Lloris. Memanfaatkan umpan Seamus Coleman, penyerang berpaspor Kroasia ini pun menjadi pahlawan kemenangan Everton.

Susunan Pemain:

Everton: Howard; Coleman, Baines, Jagielka, Distin; Osman (81' Vellios), Pienaar, Gibson, Fellaini, Mirallas (46' Naismith); Jelavic (93' Heitinga).

Tottenham Hotspur: Lloris; Walker, Gallas, Caulker, Vertonghen; Lennon (72' Huddlestone), Sandro, Dembele (77' Sigurdsson), Dempsey; Adebayor, Defoe (85' Falque).

<object width="425" height="350" data="http://www.youtube.com/v/bn1yMkwVQws" type="application/x-shockwave-flash"> </object>




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X