Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kiper Tigre Ditodong Pistol, Sao Paolo Jadi Juara

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 13 Desember 2012 | 16:41 WIB
Lucas Moura ketika merayakan gol ke gawang Tigre
Soccerway.com
Lucas Moura ketika merayakan gol ke gawang Tigre

Wakil Brasil, Sao Paolo, dinobatkan menjadi juara Copa Sudamericana 2012, setelah lawan di partai final, Tigre, menolak untuk bermain di babak kedua pada pertandingan leg kedua yang dihelat di Stadion Morumbi, Sao Paolo, Kamis (13/12) pagi WIB.

Kedua tim telah memainkan partai final leg pertama di Buenos Aires yang berakhir imbang tanpa gol. Pada laga itu, terjadi perkelahian antar pemain pada babak pertama. Akibat insiden itu, kedua tim terpaksa harus bermain dengan 10 pemain pada babak kedua. Ketika pertandingan leg kedua dihelat di Brasil, perkelahian itu pun kembali terjadi dan tim tamu menolak untuk bermain pada babak kedua. Hal itu membuat gelar juara Copa Sudamericana 2012 otomatis jatuh ke tangan Sao Paolo.

Tigre, melalui akun resmi twitter klub, mengklaim bahwa para pemain diserang oleh staf keamanan stadion di terowongan Stadion Morumbi setelah babak pertama berakhir. Kubu Tigre juga menyatakan bahwa penjaga gawang tim, Damian Albil, ditodong pistol di dadanya ketika terjadi kericuhan pada laga itu.

Setelah menunggu selama setengah jam dari waktu babak kedua seharusnya dimulai, pihak Tigre masih enggan keluar dari kamar ganti dan tetap menolak untuk melanjutkan pertandingan. Wasit akhirnya menyatakan pertandingan telah berakhir dan Sao Paolo dinobatkan sebagai juara.

Namun, keputusan itu masih dapat berubah mengingat Tigre akan mengajukan banding atas keputusan wasit itu. Insiden yang terjadi pada dua laga final itu akan menjadi salah satu topik utama dalam proses banding yang diajukan wakil Argentina ini.

Pada babak pertama laga leg kedua ini, Sao Paolo telah unggul 2-0 atas tim tamu. Gol-gol Sao Paolo dicetak oleh Lucas Moura pada menit ke-23 dan Osvaldo (28'). Ketika wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, para pemain dan staf dari kedua tim terlibat petengkaran hebat disertai dengan dorong-mendorong. Akibat insiden itu, pemain Sao Paolo, Paulo Miranda, dan pemain Tigre, Angel Gaston Diaz, diberi kartu merah oleh wasit. Pada saat yang bersamaan, tim tamu dikabarkan juga mendapat serangan dari para pendukung dan media setempat.

Susunan Pemain Sao Paolo vs Tigre

1    Rogério Ceni    
4    Rhodolfo    
13    Paulo Miranda    
3    Rafael Tolói    
6    Cortez    
15    Denílson    
10    Jádson    
5    Wellington    
7    Lucas Moura    
17    Osvaldo    
19    Willian José    
Coach: Ney Franco
17    D. Albil    
23    N. Paparatto    
21    M. Echeverría    
22    L. Orbán    
13    E. Godoy    
8    M. Galmarini    
11    R. Leone    
15    G. Díaz    
4    D. Ferreira    
19    R. Botta    
9    E. Maggiolo


Editor : Syamsul Arif


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X