Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Abiteboul Ajak Semua Tim F1 Berkolaborasi

By Oka Akhsan M. - Jumat, 28 Desember 2012 | 20:04 WIB
Caterham.
Mark Thompson/Getty Images
Caterham.

Tim Formula 1 harus melakukan lebih banyak kerja sama dibandingkan mengutamakan persaingan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan radikal pada regulasi di tahun 2014.

Pernyataan itu diungkapkan bos Caterham, Cyril Abiteboul. Ia merasa jika aturan penggunaan mesin turbo 1,6 liter dihadapi sendiri, sama saja dengan bunuh diri.

"Secara potensial, terobosan ini membutuhkan sejumlah kerja sama di antara tim-tim yang bersaing, dan itu bukan saja tim seperti kami," ungkap Abiteboul kepada Autosport.

Abiteboul menambahkan, kolaborasi itu akan sangat membantu untuk semua tim. Ia juga mengklaim bahwa kolaborasi itu akan segera dilakukan dalam waktu dekat oleh beberapa tim, seperti Renault, Alpine, dan Caterham.

"Anda ingin lebih efisien, Anda ingin lebih kompetitif dan karenanya Anda harus melakukan kolaborasi."

Musim 2013 akan menjadi musim terakhir F1 menggunakan mesin V8 2,4 liter. Dengan pergantian ke mesin ramah lingkungan turbo V6 1,6 liter, diharapkan mobil F1 akan bisa menghemat bahan bakar hingga 35% dibanding mesin yang digunakan saat ini.


Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X