Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Johan Cruyff Pensiun dari Sepak Bola

By Oka Akhsan M. - Kamis, 3 Januari 2013 | 01:50 WIB
Johan Cruyff
Jasper Juinen/Getty Images
Johan Cruyff

Legenda Barcelona, Johan Cruyff, akan pensiun dari dunia sepak bola. Itulah alasan mengapa pria asal Belanda itu memutuskan mundur sebagai pelatih tim Katalan.

Katalan akan memainkan laga uji coba melawan Nigeria, pada Rabu (2/1). Menurut Marca, pertandingan tersebut akan menjadi laga terakhir pelatih berusia 65 tahun itu setelah merasa saat ini adalah momen yang tepat untuk meninggalkan sepak bola.

Lewat sebuah wawancara dengan situs Federasi Sepak Bola Katalan, Cruyff mengaku sangat terkesan dengan etos kerja para pemain Katalan. Cruyff juga menjelaskan mengapa ia menolak untuk berbicara dengan bahasa Katalan ketika melakukan wawancara meski telah tinggal di Barcelona selama 40 tahun.

"Para pemain bangga mengenakan kostum Katalan dan memperlihatkan dari mana mereka berasal. Semua atlet harus memiliki sikap tersebut," kata Cruyff.

"Saya tidak pernah melakukan wawancara dengan bahasa Katalan karena tidak ingin memudahkan kerja para jurnalis. Saya berharap mereka kesulitan dalam mengenal saya, bukan sebaliknya," lanjut Cruyff.

Cruyff mengaku tak akan pernah melupakan laga melawan Argentina. Ia menyebut kemenangan atas Tim Tango merupakan sesuatu yang pantas untuk dibanggakan.

"Kami bermain sangat baik melawan Argentina dan meraih kemenangan untuk harga diri Katalan. Keberhasilan tersebut membuat seluruh dunia mengetahui tim Katalan. Meski bukan laga resmi, namun bisa menang lawan Argentina merupakan sebuah kebanggaan dan menjadi pesan kepada semua orang. Itulah tujuan saya," pungkas Cruyff.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X