Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sisihkan Ronaldo, Messi Raih Ballon d'Or Keempat

By Oka Akhsan M. - Selasa, 8 Januari 2013 | 02:22 WIB
Lionel Messi
Christof Koepsel/Getty Images
Lionel Messi

Bintang Barcelona, Lionel Messi, berhasil memenangi persaingan atas pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, untuk meraih Ballon d'Or 2012. Pemain asal Argentina itu juga mencetak rekor dengan menjadi orang pertama yang merebut Ballon d'Or sebanyak empat kali secara beruntun.

Lionel Messi mendapat 41,6 persen suara, jauh di atas dua kandidat lainnya, yaitu Ronaldo (23,68 persen) dan Andres Iniesta (10,91 persen). Meski hanya sanggup memberi trofi Copa del Rey untuk Barcelona pada musim lalu, namun Messi sukses memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu tahun kalender dengan 91 gol.

"Saya tidak percaya bisa meraih penghargaan bergengsi ini untuk keempat kali secara beruntun. Saya persembahkan penghargaan ini untuk semua rekan-rekan saya di Barcelona dan Argentina," kata Messi ketika menerima penghargaan.

"Saya ingin berterima kasih kepada keluarga, teman-teman, dan istri serta anak saya. Mereka adalah pemberian terbaik dari Tuhan untuk saya," lanjut Messi.

Sedangkan pemain terbaik wanita 2012 menjadi milik striker veteran Amerika Serikat, Abby Wambach. Ia melengkapi dominasi Negeri Paman Sam di sepak bola wanita karena sebelumnya gelar pelatih terbaik wanita jatuh ke tangan mantan pelatih tim nasional Amerika Serikat, Pia Sundhage.

FIFA juga memberikan satu penghargaan khusus yang dinamakan FIFA Presidensial Award. Penghargaan tersebut diberikan kepada legenda Jerman, Franz Beckenbauer.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X