Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Swansea Curi Keuntungan Besar di Stamford Bridge

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 10 Januari 2013 | 04:42 WIB
Miguel 'Michu' Perez Cuesta
Getty Images
Miguel 'Michu' Perez Cuesta

0 atas Chelsea di leg pertama semifinal Piala Capital One, Kamis (10/1) dini hari WIB. Dua gol The Swans diciptakan Miguel Perez Cuesta atau yang lebih dikenal Michu dan Danny Graham.

Dengan rata-rata kualitas pemain lebih baik Chelsea membuka pertandingan dengan dominasi atas Swansea. Lebih baik dalam penguasaan bola tentu berbanding lurus dengan keunggulan memperoleh peluang lebih banyak.

Terlebih Rafael Benitez menurunkan komposisi skuad terbaiknya demi memburu ambisi untuk menang dan mencapai final agar lebih dekat dengan trofi Capital One. Ironisnya sejumlah peluang yang lahir dari Juan Mata, Ramires, Eden Hazard, dan Oscar selalu tidak maksimal.

Sebaliknya, tim tamu yang praktis mengandalkan serangan balik dengan konsekuensi mendapat peluang lebih sedikit justru memperlihatkan efektivitas serangan. Pada menit ke-39 tendangan kaki kiri Michu yang berawal dari umpan Jonathan De Guzman memanfaatkan kesalahan Branislav Ivanovic berbuah gol.

Tertinggal 0-1 The Blues menjawab dengan permainan lebih agresif di sisa babak pertama. Di interval kedua tim tuan rumah juga terus berupaya keras mencetak gol balasan.

Akan tetapi, kokohnya barisan pertahanan skuad Michael Laudrup ditambah penampilan gemilang kiper Gerhard Tremmel membuat pasukan Chelsea cukup frustrasi. Sulitnya menembus benteng pertahanan The Swans menjadikan Benitez melakukan sejumlah pergantian pemain seperti memasukkan Frank Lampard dan Demba Ba dengan harapan dapat menambah daya gedor dan merobohkan pertahanan Swansea.

Sayang upaya tersebut tetap tidak membuahkan hasil. Sementara itu, keputusan Laudrup menarik Michu dan memasukkan Graham menjadikan Swansea sanggup menggandakkan keunggulan.

Ya, Graham berhasil mencetak gol larut pada menit ke-90+2 dan mengubah papan skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Swansea. Lagi-lagi berawal dari kesalahan Ivanovic, Graham dengan tenang sanggup mengelabui Ross Turnbull dan menceploskan bola ke dalam gawang Chelsea.

Kemenangan 2-0 di Stamford Bridge jelas menjadi keuntungan besar bagi Swansea. Pasalnya, di leg kedua yang akan berlangsung di Liberty Stadium pada 23 Januari nanti skuad Laudrup hanya perlu bermain imbang atau kalah tidak lebih dari selisih satu gol untuk memastikan diri melenggang ke final Piala Capital One.

****
Susunan Pemain:

Chelsea: 22-Ross Turnbull, 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole, 4-David Luiz, 24-Gary Cahill, 28-Cesar Azpilicueta, 7-Ramires (8-Frank Lampard 71), 10-Juan Mata, 11-Oscar (21-Marko Marin 83), 17-Eden Hazard, 9-Fernando Torres (29-Demba Ba 81).

Swansea City: 25-Gerhard Tremmel, 4-Chico, 6-Ashley Williams, 22-Angel Rangel, 33-Ben Davies, 7-Leon Britton, 9-Michu (10-Danny Graham 83), 11-Pablo, 15-Wayne Routledge (21-Dwight Tiendalli 62), 20-Jonathan De Guzman, 24-Ki Sung-Yueng.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X