Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PBSI Fokuskan Tiga Ganda Campuran Untuk Olimpiade

By Tulus Muliawan - Kamis, 10 Januari 2013 | 15:55 WIB
Muhammad Rijal dan Debby Susanto, menjadi salah satu ganda campuran yang akan difokuskan untuk menghadapi Olimpiade 2016.
PBSI
Muhammad Rijal dan Debby Susanto, menjadi salah satu ganda campuran yang akan difokuskan untuk menghadapi Olimpiade 2016.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah mempersiapkan tiga pasangan ganda campuran untuk fokus menghadapi Olimpiade 2016 di Brasil. Tiga pasangan itu adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Muhammad Rijal/Debby Susanto, dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

“Ketiga pasangan ini akan dipersiapkan untuk target jangka panjang yaitu Olimpiade Brasil 2016. Mereka secara teknis sudah cukup bagus, dari segi non teknis juga sudah mantap, tinggal diasah lagi,” kata Pelatih Kepala ganda campuran PBSI, Richard Mainaky, dalam situs resmi PBSI.

Pada Olimpiade London 2012, Richard juga mempersiapkan tiga pasang ganda campuran, yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah, dan Muhammad Rijal/Debby Susanto. Akan tetapi, hanya Tontowi/Liliyana yang berhasil merebut tiket olimpiade.

Dalam ketentuan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), setiap negara boleh mengirimkan maksimal dua pasangan ganda, asalkan keduanya berada di peringkat delapan besar dunia. Saat itu Tontowi/Liliyana ada di peringkat tiga, sementara Rijal/Debby di posisi 18 dunia.

Selain tiga pasangan tersebut, Richard juga mempertimbangkan dua pasangan lainnya yaitu Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati dan pasangan Juara Dunia Junior 2011, Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja. Akan tetapi, Richard masih ingin melakukan observasi pada pasangan ini hingga satu tahun kedepan.

“Tidak menutup kemungkinan bagi Alfian/Gloria untuk bersaing ke olimpiade kalau bisa berprestasi bagus di tahun-tahun berikutnya,” terang Richard.


Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X