Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ancaman di Paruh Kedua

By Senin, 21 Januari 2013 | 10:57 WIB
Yan Daulaka/Sahlul Fahmi
Nurdiansah
Yan Daulaka/Sahlul Fahmi

Gresik United menjadi lawan yang tidak bisa dipandang remeh oleh tuan rumah Persiba, Selasa (22/1) di Stadion Persiba, Balikpapan.

Gresik, yang agresif berbelanja pemain bintang di LSI 2013, langsung ngebut di awal kompetisi. Tim asuhan Suharno itu menang di dua laga awal melawan Persiram (1-0) dan Persidafon (2-1).

Gaya bermain GU yang bak mesin disel, panas belakangan, amat berbahaya bagi Beruang Madu. Ada kecenderungan Aldo Barreto dkk. tampil dengan determinasi tinggi saat memasuki paruh II pertandingan. Hal itu terlihat dari catatan statistik, gol yang dibuat GU selalu terjadi pada 45 menit kedua.

Situasi terbalik dengan Persiba, yang di dua laga awal melawan Sriwijaya dan Persiba Bandung Raya justru kencang di awal laga. Mereka kerap kehilangan kontrol permainan di babak II. "Ya, saya akui kestabilan stamina tim kami masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diperbaiki," ucap Herry Kiswanto, pelatih Persiba.

Beban Mental

Catatan lain yang membuat Herkis ketar-ketir adalah kemung­kinan tim asuhannya tampil dengan digelayuti beban mental berlebihan. "Pertandingan perdana di kandang selalu terasa berat bagi tim mana pun. Suporter ingin tim kesayangannya menang. Karena tak ingin mengecewakan mereka, tim bermain buru-buru. Jika mentok, saya khawatir mental mereka akan drop," katanya.

Di sisi lain, Suharno tak setuju jika timnya disebut sudah stabil. Menurutnya, kelemahan terlihat di sektor tengah dan belakang, "Kami memiliki banyak gelandang, namun minim bek berkualitas."

Eksperimen bakal terlihat saat laga melawan Persiba. Penyerang sayap Habib Syukron digeser ke posisi bek sayap untuk mengisi posisi Supardi yang cedera.

PRAKIRAAN FORMASI
Persiba (4-4-2)
Kiper: 59-Wawan; Bek: 11-Yus, 4-Precious, 32-Fauzi, 69-Frenky; Gelandang: 8-Habibie, 10-Zekou, 42-Mudana, 17-Zamrun; Penyerang: 20-Ali, 24-Eki
Cadangan: 27-Yanuar Tri Firmanda, 3-Roy Ardiansyah, 18-Maulana, 30-Anggi, 7-Irvin Museng, 87, Yudi Khoerudin, 9-Arif Kurniawan, 26-Muhamad Bahtiar
Pelatih: Herry Kiswanto

Gresik UTD 4-4-2
Kiper: 77-Herry; Bek: 27-Khoirul, 20-Park, 55-Sasa, 15-Habib; Gelandang: 18-Matsunaga, 8-Mahardirga, 10-Chena, 83-Sembiring; Penyerang: 14-Rizky, 17-Aldo
Cadangan: 25-Agung Prasetyo (K), 3-Lan Bastian, 32-Indra Setiawan, 19-Wiswoyo Widhistio, 33-April Hadi, 88-Siswanto
Pelatih: Suharno


Editor :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X