Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ditinggal Ikon Klub

By Rabu, 23 Januari 2013 | 16:15 WIB
Samsul Arif, pilih pindah klub.
Arief Bagus/BOLA
Samsul Arif, pilih pindah klub.

pasan melakukan penghematan.

Pos terbesar yang bisa ditekan adalah dari nilai kontrak pemain. Apalagi, musim ini ada budgeting cap dari PSSI, di mana 60% dari Rp12 miliar difungsikan untuk pembayaran kontrak, gaji, dan bonus pemain. Para pemain terpaksa harus melupakan nilai kontrak yang wah.

Persiba Bantul dan Persijap menjadi dua klub yang sudah menjalankan kebijakan ini. Musim ini dikabarkan nilai kontrak pemain tertinggi di Persiba hanya menyentuh Rp295 juta. Belum diketahui siapa yang jadi pemilik kontrak tertinggi tersebut.

Namun, bisa jadi beberapa pemain eks Persiba, seperti Wahyu Wijiastanto dan Busari, memilih hengkang demi masa depan lebih baik. Wahyu hijrah ke Semen Padang (SP) yang berada di luar konsorsium. SP jadi salah satu tim yang tak setuju pembatasan bujet diberlakukan musim ini, sedangkan Bustari memilih Persepam MU yang bermain di LSI sebagai pelabuhan baru.

"Nilai kontrak pemain musim ini turun drastis. Berkurang 25-50% untuk tiap pemain," ujar Wikan Wirdo Kisworo, Sekretaris Persiba Bantul.

Persijap terpaksa memangkas nilai kontrak.  Imam Ghazali, Ketua Umum Persijap, mengaku timnya terpaksa memangkas nilai kontrak pemain musim ini. "Kami hanya merekrut pemain muda yang kontraknya murah," ucapnya.

Hal ini yang membuat Persema kehilangan Irfan Bachdim. Samsul Arif, eks Persibo, juga merapat ke Persela. Kendati kontrak Samsul di Persibo sudah habis, penyebab ia tak bersedia memperpanjang ikatan kerja ditengarai karena tawaran kontrak klub LSI lebih menggiur­kan. Begitu juga dengan Irfan, yang dilepas Persema karena tak sanggup membayar gaji pemain bintangnya. (gon/ning)


Editor :


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X