Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pantai Gading dan Togo Lolos ke Perempat Final

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 31 Januari 2013 | 03:45 WIB
Para pemain Pantai Gading
Getty Images
Para pemain Pantai Gading

Drama menegangkan terjadi pada laga pamungkas Grup D Piala Afrika 2013 di Stadion Mbombela, (30/1/2013). Melalui perjuangan ekstra ketat, Togo akhirnya berhasil memupuskan asa Tunisia melaju ke babak perempat final guna mendampingi Pantai Gading.

Togo yang cuma butuh hasil imbang untuk memastikan tiket ke babak perempat final memang mampu lebih dulu unggul melalui Serge Gakbe pada menit ke-13 usai mengkonversi umpan Emmanuele Adebayor. Namun, usai gol itu, Togo justru mengalami tekanan berat.

Khaled Mouelhi membuat skor kembali imbang melalui eksekusi penalti pada menit ke-30. Bahkan, Tunisia hampir saja memupuskan asa Togo saat wasit kembali memberikan hadiah penalti pada menit ke-78. Namun, kali ini Mouelhi gagal memaksimalkan peluang emas itu.

Alhasil, Togo pun berhak melenggang ke babak perempat final setelah mampu menjaga skor imbang 1-1 bertahan sampai akhir laga. Togo akan mendampingi Pantai Gading yangs duah lebih dulu memastikan tiket sebagai juara Grup D.

Pada laga lain, Pantai Gading pun hanya bermain imbang saat menghadapi Aljazair. Keempat gol baru tercipta pada babak kedua. Sofiane Feghouli membuka keunggulan Aljazair melalui eksekusi penalti pada menit ke-64, sebelum skor digandakan oleh gol El Arbi Hillel Soudani enam menit berselang.

Namun, pantai Gading tak menyerah, Mereka mampu memaksa skor akhir menjadi imbang 2-2 melalui gol Didier Drogba pad amenit ke-77 dan Wilfried Bony empat menit berselang. Hasil ini membuat koleksi poin Pantai Gading menjadi tujuh, disusul Togo dengan tiga poin dan ungguk selisih gol dari Tunisia.

Pada babak perempat final,Pantai Gading sudah dipastikan bakal berjumpa runner-up Grup C, yakni Nigeria. Sedangkan Togo bakal menantang Burkina Faso yang keluar sebagai pkampiun di Grup C.

Laporan Tribunnews




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X