Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Europol Sebut 380 Laga di Eropa Telah Direkayasa

By Andi Yanianto - Senin, 4 Februari 2013 | 19:24 WIB
Direktur Europol, Rob Wainwright
Georges Gobet/Getty Images
Direktur Europol, Rob Wainwright

Sebuah kabar mengejutkan mengenai kasus pengaturan skor di sepak bola Eropa diungkap Kepolisian Uni Eropa (Europol), Senin (4/2). Europol menyatakan sekitar 380 pertandingan di Eropa telah direkayasa dan kejahatan tersebut memberikan keuntungan sebesar delapan juta euro atau sekitar 105 miliar rupiah!

Kepala Europol, Rob Wainwright, menyatakan terdapat sekitar 425 perangkat pertandingan, pemain, dan kriminal yang terbukti telah mengatur skor 380 laga di 15 negara. Europol menduga, sindikat penjahat tersebut bermarkas di Asia dan memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Eropa.

Berdasarkan hasil investigasi selama 18 bulan, Europol mencurigai beberapa laga Piala Dunia, kualifikasi Euro 2012, dua laga Liga Champion, dan pertandingan di liga besar Eropa, telah dimanipulasi. Salah satu laga Liga Champion yang diduga telah diatur tersebut digelar di London, namun Europol menolak membocorkan pertandingan yang dimaksud.

"Ini adalah kejahatan yang diduga dijalankan oleh sindikat kriminal yang berbasis di Asia dan memiliki jaringan di seluruh Eropa. Ini adalah investigasi mengenai dugaan pengaturan pertandingan terbesar yang pernah kami lakukan," kata Rob Wainwright seperti dikutip dari Guardian.

Hingga saat ini sekitar 50 orang telah ditahan terkait kasus pengaturan pertandingan tersebut. Jika terbongkar, Europol yakin integritas sepak bola di Eropa berada dalam masalah besar.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X